(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Muzakkir : Benih Unggul Sebagai Kunci Sukses Pembangunan Perkebunan di Kaltim

26 Februari 2024 PPID Berita Daerah 441
Muzakkir : Benih Unggul Sebagai Kunci Sukses Pembangunan Perkebunan di Kaltim

BALIKPAPAN. Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur Ahmad Muzakkir menjelaskan bahwa kebijakan pembangunan perkebunan ditujukan untuk meningkatkan produksi, produktivitas dan mutu agar dapat bersaing di pasar internasional.

“Salah satu sasaran strategis adalah meningkatkan produksi perkebunan dengan ketersediaan benih unggul sebagai faktor pendukung utama,”ungkap Muzakkir Pertemuan Petugas dan Produsen Benih Se-Kalimantan Timur Tahun 2024, di Ruang Quartz 3 Lt. 16 Hotel Golden Tulip, belum lama ini.

Menurutnya, penggunaan benih unggul dianggap sebagai langkah awal dan krusial dalam implementasi sistem pertanian modern karena memiliki potensi hasil yang lebih tinggi dan adaptif terhadap kondisi lahan.

"Penyerapan benih dinas perkebunan provinsi kalimantan timur di tahun 2024 melalui pengembangan perkebunan rakyat yakni perluasan, rehabilitasi dan peremajaan pada kabupaten/kota sebanyak 578.000 benih." ujarnya.

Di tengah tuntutan efisiensi dan daya saing yang semakin meningkat dalam usaha perkebunan, kebutuhan akan benih unggul juga mengalami peningkatan.

Oleh karena itu, ketersediaan benih unggul yang tepat waktu, jumlah, mutu, harga, varietas/klon, dan lokasi sangat diharapkan oleh berbagai pihak, termasuk pekebun, pemerintah, dan pengguna lainnya, untuk keperluan peremajaan tanaman, rehabilitasi, serta pembangunan kebun baru atau perluasan. (Prb/ty)

SUMBER : SEKRETARIAT

Artikel Terkait