(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Melalui Pelatihan MPIG, Dorong Inovasi dan Kemandirian Petani Aren

02 Mei 2024 PPID Berita Daerah 184
Melalui Pelatihan MPIG, Dorong Inovasi dan Kemandirian Petani Aren

KENOHAN. Aren sebagai salah satu tanaman serba guna yang penting, menawarkan berbagai produk seperti nira, gula, kolang-kaling, dan ijuk. Dengan budidaya yang tepat, tanaman ini dapat memberikan keuntungan yang signifikan bagi petani. 

Mengingat peningkatan permintaan akan produk aren dalam beberapa tahun terakhir, peluang bisnis dalam pengolahan gula aren dan produk turunannya menjadi semakin menjanjikan.

Mendukung pengembangan pertanian, Dinas Perkebunan Kaltim menyelenggarakan Pelatihan Peningkatan Kapasitas Kelembagaan Petani (MPIG) di Desa Tuna Tuha, Kecamatan Kenohan, Kabupaten Kutai Kartanegara pada 30 April 2024 lalu.

Dalam beberapa tahunan  terakhir ini kebutuhan akan aren cukup meningkat, halini karena adanya peningkatan bahan baku dari aren dan peluang pasar dari produkolahan aren yang meningkat.

Dengan adanya kegiatan pelatihan Pelatihan Peningkatan kapasitas  Kelembagaan petani (MPIG) akan meningkatkan kelembagaan, kekompokan sesama anggota MPIG serta sehingga produksi dan pemasaran gula aren tidak akan mengalami kendala karena wadah yang menjadi peningkatan produk dan pemasaran  pengolah gula aren telah kuat dan kompak.

Kelompok MPIG ini sebagai wadah bagi kelompok pengolah gula aren untuk melindungi produk secara ke khasan, meningkatkan nilai tambah dari produk gula aren, meningkatkan mutu gula aren dan  mempermudah pemasaran serta meningkatkan pendapatan petani gula aren desa Tuana Tuaha. (Prb/ty)

SUMBER : SEKRETARIAT


Artikel Terkait