Lomba Inovasi TIK Kementerian Pertanian 2018
26 April 2018 Admin Website Berita Daerah 399
Lomba Inovasi TIK Kementerian Pertanian 2018
JAKARTA. Kementerian Pertanian RI melalui Pusat Data dan Sistem Informasi (PUSDATIN) Pertanian menggelar Lomba Inovasi Kementerian Pertanian Tahun 2018. Lomba akan berlangsung sejak bulan Maret hingga November 2018 mendatang.

Tahun sebelumnya, PUSDATIN sukses menggelar kegiatan serupa dengan mengusung lomba website, dimana pesertanya berasal dari Unit Eselon I lingkup Kementerian Pertanian, OPD Pertanian Provinsi, OPD Pertanian Kabupaten/Kota dan UPTD Pusat seluruh Indonesia. Namun tahun 2018 ini, lomba website mengalami perubahan konsep menjadi lomba inovasi TIK sebagai wadah untuk membuat inovasi di bidang pertanian baik yang bersifat layanan internal ataupun eksternal.


Lomba yang bertema “Inovasi Pemanfaatan TIK untuk peningkatan layanan pertanian” ini dibagi menjadi beberapa kriteria, diantaranya adalah website, aplikasi layanan publik, aplikasi layanan internal, inovasi TIK dan leadership.

Lomba ini bertujuan adalah untuk memotivasi  
semua Eselon I lingkup Kementerian Pertanian, semua OPD lingkup pertanian provinsi, semua OPD lingkup pertanian kabupaten/kota serta semua UPT Pusat lingkup pertanian untuk mengkoordinasikan pengisian dan peremajaan data dan informasi yang ditampilkan.

Kemudian,
membuka akses informasi yang seluas-luasnya sesuai UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik dan mengimplementasikan peraturan penggunaan sub domain go.id serta memberikan apresiasi UK, UPT, OPD Provinsi, OPD Kabupaten/Kota yang telah memiliki situs yang baik dan transparan.

Selanjutnya, m
emberikan dorongan untuk meningkatkan pemanfaatan layanan TIK di lingkup pertanian dan menunjukkan kinerja yang belum diketahui masyarakat.

Selain itu, membuat inovasi TIK dibidang pertanian dan meningkatkan layanan Internal maupun publik di Kementerian Pertanian.


Lomba web yang kali ini telah memasuki tahap seleksi awal, dimana pada tahap ini Panitia melakukan pengecekan kelengkapan identitas situs web, isi, fitur dan layanan publik serta melakukan uji respon terhadap layanan interaksi. Dari hasil seleksi awal akan dipilih 3 peserta terbaik dari masing - masing kategori yang kemudian akan diserahkan kepada tim Juri untuk penilaian selanjutnya dalam memperebutkan posisi juara.

JADWAL LOMBA

No

Kegiatan

Waktu

Ket.

1.

Pendaftaran Peserta

Maret s/d 30 April 2018

 

2.

Pengelompokan Peserta

1 sd 13 Mei 2018

 

3.

Penilaian Prakualifikasi

16 Mei sd 31 Juli 2018

 

3.

Review Oleh Tim Juri

1 sd 31 Agustus 2018

 

4.

Wawancara Eselon I dan OPD Lingkup Pertanian Provinsi,  Kabupaten/Kota dan UPT Pusat

September 2018

3 Besar Kategori Website

3 Besar Kategori Layanan Publik

3 Besar Kategori Layanan Internal

3 Besar Kategori Inovasi

5.

Penetapan Pemenang dan Penyerahan Berita Acara

Oktober 2018

Oleh Tim Juri

6.

Pengumuman Pemenang

Oktober / November 2018

Penyerahan hadiah


Info lebih lanjut, bisa mengunjungi : http://www.pertanian.go.id/inovasitik/  (rey/disbun)


SUMBER : SEKRETARIAT

Artikel Terkait