Lagi, Kutai Timur Raih Panji Keberhasilan Pembangunan Perkebunan
12 Januari 2018 Admin Website Berita Kedinasan 291
Lagi, Kutai Timur Raih Panji Keberhasilan Pembangunan Perkebunan

SAMARINDA. Kabupaten Kutai Timur kembali meraih peringkat pertama Panji Keberhasilan Pembangunan Bidang Perkebunan, yang diberikan Gubernur Kaltim H Awang Faroek Ishak langsung kepada Bupati Kutai Timur, H. Ismunandar, pada Upacara Peringatan HUT Kaltim ke-61 tahun 2018 di Stadion Madya Sempaja, Samarinda, Selasa (09/01) kemarin.

"Pemprov Kaltim melalui Dinas Perkebunan (Disbun) telah melakukan penilaian kepada kabupaten/kota yang telah berperan dalam pembangunan perkebunan di wilayah Kaltim melalui Panji keberhasilan pembangunan bidang perkebunan. Dalam hal ini, Kabupaten Kutai Timur berhasil meraih peringkat pertama," ujar Kepala Disbun Kaltim, Ujang Rachmad, saat dimintai keterangan di ruang kerjanya.

Kemudian, lanjutnya, menyusul peringkat kedua diraih oleh Kabupaten Kutai Kartanegara dan peringkat ketiga diraih oleh Kabupaten Paser.

Dia menjelaskan aspek penilaian mencakup capaian luasan lahan serta produksi komoditi unggulan perkebunan Kaltim.

Utamanya lima komoditi unggulan perkebunan berupa kelapa sawit, karet, lada, kakao dan kelapa dalam.

Khusus komoditi kelapa sawit yang dinilai capaian pembangunan kebun masyarakat (kebun kemitraan dan swadaya), ketaatan terhadap aturan yang berlaku.

Termasuk Surat Tanda Daftar Usaha Perkebunan untuk Budidaya (STD-B), Surat Tanda Daftar Usaha Perkebunan untuk Industri Pengolahan Hasil Perkebunan (STD-P) serta jumlah kapasitas pabrik sawit.

Selain itu, indikator penilaian lainnya yakni dukungan APBD  kabupaten dan kota dalam pembangunan perkebunan.

"Penghargaan diberikan setiap tahun sangat strategis untuk memacu peningkatan capaian luasan lahan dan produktivitas komoditi," jelas Ujang. (rey/disbun)

SUMBER : BIDANG USAHA


Artikel Terkait