(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

KUD Rangan Jaya Mendapat Sertifikasi RSPO

06 Juni 2023 PPID Berita Daerah 1307
KUD Rangan Jaya Mendapat Sertifikasi RSPO

SAMARINDA. KUD Rangan Jaya Desa Padang Jaya Kecamatan Kuaro Kabupaten Paser mendapatkan sertifikasi RSPO (Roundtable Sustainable on Palm Oil).

Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim, Ahmad Muzakkir diwakili Kepala Bidang Usaha, Taufiq Kurrahman mengungkapkan RSPO merupakan asosiasi yang terdiri dari berbagai organisasi di sektor industri kelapa sawit yang bertujuan mengembangkan dan mengimplementasikan standar global untuk produksi minyak sawit berkelanjutan.

Menurutnya, sertifikat RSPO ini bisa diraih berkat produk kelapa sawit lestari setelah melewati proses yang panjang. Hal ini tidak terlepas dari pendampingan teknis oleh pihak Kabupaten Paser, dalam hal ini Dinas Pertanian Kabupaten Paser. Ke depannya, harus lebih konsisten mengimplementasikan standar budidaya perkebunan yang terbaik, termasuk menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) yang terkadang para petani belum terbiasa, hingga penggunaan bahan kimia yang ramah terhadap lingkungan.

“Dengan adanya sertifikat ini, produk KUD bersangkutan makin memiliki daya saing di pasar global sehingga pada gilirannya akan meningkatkan kesejahteraan petani”, imbuhnya lagi. (rey/disbun)

SUMBER : SEKRETARIAT

Artikel Terkait