(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Kelompok Tani Karya Usaha Komoditi Kelapa Tingkatkan Produktivitas

26 Juli 2024 PPID Berita Daerah 16
Kelompok Tani Karya Usaha Komoditi Kelapa Tingkatkan Produktivitas

PENAJAM. Kelurahan Rintik, Kecamatan Babulu, Kabupaten Penajam Paser Utara menjadi tuan rumah pelatihan pendampingan dan pemberdayaan untuk Kelompok Tani Karya Usaha.

Acara ini merupakan bagian dari Program Kegiatan Penyuluhan Pertanian Tahun 2024 yang berlangsung selama dua hari pada tanggal 24 - 25 Juli 2024 kemarin.

Pelatihan ini dihadiri oleh 19 peserta dari Kelompok Tani Karya Usaha, dengan tujuan untuk mendukung perluasan areal tanaman kelapa sawit seluas 25 hektar. Lokasi pelatihan diadakan di tempat penyimpanan hasil panen kelompok tani tersebut.

Sambutan dibuka oleh perwakilan Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur, Penyuluh Ahli Muda Bidang Pengembangan Komoditi, Arif Sabtamiharja, serta Koordinator BPP Kecamatan Babulu dan Staf Lurah Desa Rintik.

Pelatihan ini dipandu oleh petugas dari Kabupaten Penajam Paser Utara, Yudi Syahrian Noor dan Abdul Halik. Tujuan utama pelatihan adalah untuk meningkatkan rasa kebersamaan dan kemandirian kelompok tani, memperkuat kelembagaan mereka, serta meningkatkan kualitas dan kapasitas manajemen kelompok.

"Melalui pelatihan ini, diharapkan pengetahuan tentang teknis budidaya tanaman perkebunan akan meningkat, yang pada gilirannya mendukung keberhasilan penanaman dan perubahan pola budidaya yang lebih baik, serta peningkatan produktivitas tanaman." ujar Arif.

Kegiatan ini juga merupakan langkah awal dalam proses bantuan perluasan areal perkebunan, serta penumbuhan kebersamaan yang penting untuk memperkuat kelompok tani dan meningkatkan kualitas manajerial mereka. (afif/disbun)

SUMBER : SEKRETARIAT

Artikel Terkait