(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Kelompok Tani Dilatih Olah Produk Hasil Perkebunan

13 April 2021 Admin Website Berita Daerah 2050
Kelompok Tani Dilatih Olah Produk Hasil Perkebunan

SAMARINDA. Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim, diwakili Kepala Bidang Pengolahan dan Pemasaran Hasil, H. Surya Dharma Herman menerangkan komoditi sagu memiliki potensi untuk dikembangkan di Kaltim selain kelapa sawit dan karet. Kendati perkembangan budidayanya sangat terbatas, namun penanganan industri hilirnya sangat menjanjikan.

"Perlu adanya upaya-upaya  dalam menghasilkan produk olahan sagu yang berkualitas dan dapat menjadi nilai tambah produknya sehingga meningkatkan pendapatan petaninya," jelasnya, Jumat (09/04) pekan lalu.

Surya menerangkan pihaknya baru-baru ini melaksanakan Bimbingan Teknis Pengolahan Produk Perkebunan Sagu yang diikuti oleh 25 peserta dari 3 kelompok tani di Desa Tanah Periuk, Kecamatan Tana Grogot, Kabupaten Paser dan 2 petugas pendamping dari Dinas Perkebunan. Narasumber berasal dari Dinas Kesehatan r, Dinas Perindustrian, Bank Kaltimtara Paser dan Snack & Food Yogyakarta.

Adapun produk olahan dari komoditi sagu yang dihasilkan melalui bimbingan teknis ini adalah mie sagu, kue lapis sagu coklat dan kue sagu keju.

"Diharapkan melalui bimbingan teknis ini, petani mampu meningkatkan kualitas produk sagu dan nilai tambah yang diperoleh turut meningkat sehingga petani menjadi sejahtera," ungkap Surya lagi. (rey/disbun)

SUMBER : SEKRETARIAT

Artikel Terkait