Kebun Sawit Rambah Sandaran
10 Februari 2010 Admin Website Artikel 331
#img1# Sekarang terdapat dua perusahaan perkebunan kelapa sawit yang melaksanakan kegiatan usaha di Sandaran. Dua perusahaan itu adalah PT Komexindo International dan PT Comexindo Kaltim Sawit. Selain membangun kebun inti, dua perusahaan ini akan melakukan kerja sama dengan masyarakat untuk membangun kebun plasma.

"Kehadiran dua perusahaan sawit tersebut sangat membantu. Diharapkan pihak investor bisa memberikan dampak positif terhadap peningkatan pertumbuhan ekonomi rakyat di masa mendatang," kata Camat Sandaran Murdiansyah.

Pemerintah kecamatan berharap, dalam pelaksanaan di lapangan hendaknya perusahaan memperhatikan masyarakat lokal, terutama dalam rekrutmen tenaga kerja. Namun tentu saja harus disesuaikan kemampuan dan keahlian yang dimiliki warga setempat.

"Kita ingin dalam rekrutmen tenaga kerja mengutamakan warga lokal. Sebab, akan mampu meningkatkan kesejahteraan dan membantu pemerintah dalam mengurangi pengangguran," tambahnya.

Dijelaskan, perusahan sawit yang sudah melakukan penanaman perdana itu mengantongi izin lokasi dengan luas areal sekitar 21.460 hektare. Dengan masuknya revitalisasi pertanian di Sandaran ini, diyakini nantinya akan mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

"Selama ini Sandaran termasuk daerah yang agak terisolasi, namun dengan adanya dua perusahaan tersebut akan menjadikan daerah ini memiliki hubungan yang luas dengan daerah lain. Setidaknya keberadaan perusahaan perkebunan kelapa sawit ini dapat memberikan dampak positif bagi masyarakat, yakni melalui pola kemitraan," tegas Murdiansyah.

DIKUTIP DARI KALTIM POST, RABU, 10 PEBRUARI 2010

Artikel Terkait