Kebulatan Tekad di Penas XIII
22 Juni 2011 Admin Website Artikel 265
TENGGARONG. Rangkaian kegiatan Pekan Nasional (Penas) XIII Petani Nelayan 2011 dilaksanakan kebulatan tekad bersama antar pelaku usaha peternakan se-Indonesia yang digagas Direktorat Jenderal (Dirjen) Peternakan dan Kesehatan Hewan Kementerian Pertanian.

"Kebulatan tekad ini sebagai upaya untuk membentuk komitmen bersama antar pelaku peternakan, khususnya ternak sapi dan kerbau serta seluruh stakeholders (pemangku kepentingan) di subsektor ini untuk mencapai sekaligus mewujudkan Swasembada Daging Sapi dan Kerbau 2014," ujar Kepala Dinas Peternakan Kaltim, H Ibrahim.

Menurut dia, kegiatan ini penting dilakukan dalam membangkitkan semangat dan motivasi bagi pihak-pihak yang memiliki peranan dalam peningkatan produktivitas peternakan di daerah, terutama para peternak sapi maupun kerbau. Program Swasembada Daging Sapi dan Kerbau 2014 yang ditetapkan pemerintah secara nasional telah mendapat respon positif dari para pemangku kepentingan di daerah.

Bahkan, Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur telah menetapkan untuk mewujudkannya pada 2013. Program nasional yang telah menjadi agenda pemerintah daerah ini perlu komitmen kuat yang dituangkan dalam bentuk keinginan bersama yang salah satunya dikemas dalam kegiatan Kebulatan Tekad mendukung Swasembada Daging Sapi dan Kerbau pada ajang Penas XIII Petani Nelayan 2011.

"Kesempatan yang sangat baik ini harus dimanfaatkan maksimal untuk membangkitkan gerakan nasional mendukung program pengembangan dan pembangunan peternakan di Indonesia," harapnya. Kegiatan kebulatan tekad ini dikemas dalam bentuk talkshow yang menghadirkan para pelaku dan pemangku kepentingan di subsektor peternakan. Diantaranya, peternak sapi dan kerbau, dokter hewan, petugas lapangan dan inseminator hewan ternak, serta sarjana pembangunan desa yang bergerak di bidang peternakan.

Selain itu, ikut memeriahkan kebuatan tekad di ajang Penas XIII Petani Nelayan 2011 Kabupaten Kutai Kartanegara secara khusus menghadirkan artis penyanyi dan pelawak dari Jakarta, diantaranya Dewi Yul, Tarzan dan Marwoto.

SUMBER : HUMAS PROV. KALTIM

Artikel Terkait