Kaltim Partisipasi PENAS KTNA 2014 di Malang
17 Maret 2014 Admin Website Berita Daerah 490
Kaltim Partisipasi PENAS KTNA 2014 di Malang

SAMARINDA. Sekira 2.000 orang asal Kalimantan Timur akan mengikuti Pekan Nasional (PENAS) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) pada 2014. Wakil Ketua DPRD Kaltim Yahya Anja mengingatkan agar persiapan perwakilan kaltim dalam even akbar itu harus optimal.

PENAS KTNA yang sebelumnya diselenggaran di Kaltim tepatnya Kabupaten Kutai Kartanegara pada 2011 lalu, diikuti lebih dari 30.000 orang, jumnlah luar biasa untuk even yang memang dikemas akbar untuk skala nasional. Menteri Pertanian saja mengakui bahwa perhelatan PENAS KTNA di Kukar merupakan yang termegah dan terbesar sepenjang penyelenggaraan PENAS. "Event ini diikuti oleh seluruh peserta dari seluruh Indonesia, dengan rangkaian kegiatan yang bermacam-macam tentunya perlu persiapan seperti koordinasi dengan penyelenggara disana," kata Yahya Anja.

Menurut Yahya, juga penting adalah persiapan transportasi dan akomodasi peserta hingga kembali ke Kaltim. Koordinasi juga harus benar-benar komunikatif, apalagi jika kesepakatannya adalah menjadi tanggung jawab panitia Kabupaten/kota masing-masing dalam memfasilitasi transportasi dan akomodasi peserta, sementara panitia dari pemerintah provinsi membantu mamfasilitasi identitas dan seragam Penas.  Yahya juga berharap agar event seperti ini bisa dimanfaatkan sebagai moment saling bertukar informasi, ilmu dan teknologi,keterampilan, keunggulan serta berbagai metode kemajuan dalam berbagai hal.

"Banyak hal yang bisa didapat dalam setiap rangkaian kegiatan dalam event Penas KTNA, sepulang dari kegiatan tersebut, akan saling berinteraksi dan bersinergi memanfaatkan sumber daya alam pertanian yang tersedia di daerah masing-masing guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan demi perbaikan mutu produksi pertanian dan peningkatan pendapatannya, semua itu muaranya demi kesejahteraan petani nelayan," urai Yahya.

Politisi Partai Demokrat ini sependapat untuk keikutsertaan kontingen asal Kaltim, formatnya kepanitiaan lebih memprioritaskan anggota KTNA, sementara perwakilan dari instansi sebagai fasilitator saja. "Maksudnya agar peserta dari anggota KTNA, dapat maksimal mengikuti rangkaian kegiatan yang diselenggarakan," harapnya. (hms5)

SUMBER :DPRD PROV. KALTIM


Artikel Terkait