Jumlah Titik Api Meningkat, Waspadai Kebakaran Lahan dan Kebun
09 September 2015 Admin Website Berita Kedinasan 333
Jumlah Titik Api Meningkat, Waspadai Kebakaran Lahan dan Kebun

SAMARINDA. Berdasarkan data citra satelit NOAA-18 per tanggal 6 September 2015, telah mendeteksi 46 hotspot atau titik api tersebar di wilayah Kaltim, yakni sebanyak 13 titik di Kabupaten Berau, 12 titik di Kabupaten Kukar, sembilan titik di Kabupaten Paser, enam titik di Kabupaten Kutai Barat, lima titik di Kabupaten Kutai Timur serta satu titik di Kabupaten Penajam Paser Utara.

Berkaitan dengan hal tersebut, Kepala Dinas Perkebunan, Hj. Etnawati menuturkan pihaknya melalui Bidang Perlindungan telah menyurati dinas yang membidangi perkebunan di kabupaten / kota dan perusahaan perkebunan untuk mengambil langkah – langkah antisipatif, diantaranya melakukan pemantauan perkembangan titik panas tersebut sehingga dapat mengantisipasi dan mitigasi terjadinya kebakaran lahan dan kebun.

"Meningkatnya jumlah titik api di Kaltim akibat rendahnya curah hujan di bulan September ini. Dari hasil pemantauan dan upaya mitigasi tersebut dapat dilaporkan secara berkala sehingga usaha - usaha pencegahan kebakaran lahan dan kebun dapat dimaksimalkan sedini mungkin,” kata Etnawati didampingi Kepala Bidang Perlindungan, Henny Herdiyanto.

Ditambahkannya, selain itu, peran satgas / regu pemadam kebakaran lahan dan kebun di perusahaan perkebunan dalam melakukan patroli lapangan secara intensif perlu dioptimalkan (rey/disbun)

SUMBER : BIDANG PERLINDUNGAN


Artikel Terkait