Jalan Loa Janan-Tenggarong Siap Dilintasi
17 Juni 2011 Admin Website Artikel 404
SAMARINDA - Menjelang pelaksanaan Pekan Nasional (Penas) XIII Petani Nelayan 2011 Kabupaten Kutai Kartanegara yang dimulai sejak 18-24 Juni mendatang, ruas jalan Loa Janan hingga Tenggarong, bahkan menuju lokasi di Stadion Tenggarong siap dilintasi.

"Jalan penghubung menuju pelaksanaan Penas XIII, yakni dari Loa Janan-Tenggarong sudah dapat dikatakan mulus. Sebab, sebelumnya, ruas jalan tersebut banyak lubang dan kondisinya rusak. Namun, jalan yang berlubang-lubang saat ini sudah tertutupi dan sudah beraspal. Oleh karena itu, tidak ada masalah lagi dengan akses jalan tersebut,"ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kaltim H Husinsyah.

Hanya saja akunya, lebar jalan yang akan dilintasi tersebut kondisinya masih bervariatif antara empat hingga enam meter. Jadi, lanjutnya, meski jalan tersebut sudah mulus tapi lebar jalannya belum maksimal, sehingga potensi kemacetan masih ada.

"Jalan tersebut alternatifnya harus dilebarkan. Hanya saja, untuk melakukan pelebaran tentunya perlu sosialiasi kepada masyarakat, sehingga dapat mengetahui adanya kegiatan pelebaran jalan. Sebab, selama ini jalan menuju Tenggarong ini sudah terbiasa macet, apalagi ada kegiatan nasional ini," katanya.

Sementara itu, untuk akses jalan dari Simpang Air Putih Samarinda hingga Simpang 3 Tenggarong, yakni tepatnya di Simpang Patung Lembuswana juga telah mulus semua. Menurut dia, kondisi titik rawan longsor yang berada di jalur jalan menuju Tenggarong dari Simpang Patung Lembuswana merupakan tanggungjawab Pemkab Kutai Kartanegara.

Ditambahkannya, Gubernur telah menginstruksikan agar DPU Kaltim bersama Pemkot Balikpapan dan Pemkab Kutai Kartanegara melalui Satuan Kerja Perangkat daerah (SKPD) terkait melakukan perbaikan-perbaikan terhadap ruas-ruas jalan, baik dari Balikpapan maupun Samarinda menuju Tenggarong. Apalagi, peserta Penas yang turun di Bandara Sepinggan Balipapan, Pelabuhan semayang dan pelabuhan ferry penyeberangan Kariangau Balikpapan tentu akan menggunakan jalur jalan darat untuk menuju Tenggarong.

"Peserta Penas yang dari berbagai daerah dan terkonsentrasi di Balikpapan, baik Bandara Sepinggan, Pelabuhan Semayang maupun Ferry Kariangau akan menuju Tenggarong melalui jalur jalan darat. Begitu pula Presiden dari Samarinda menuju Tenggarog untuk menghadiri puncak kegiatan Penas XIII Kutai Kartanegara 2011 melaui jalan darat," jelas Husinsyah.

SUMBER : HUMAS PROV. KALTIM

Artikel Terkait