Irianto: Kepala SKPD Harus Jadi Contoh
15 Januari 2013 Admin Website Artikel 324

SAMARINDA. Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkungan Pemprov Kaltim diharapkan harus menjadi contoh yang baik bagi bawahan. Terutama dalam melaksanakan kedisiplinan kerja di instansi masing-masing. Disiplin kerja harus ditegakan terus menerus.

"Jadi, apabila setiap PNS bisa melaksanakan sikap disiplin, tentu penyelenggaraan pemerintahaan dapat lebih lancar. Karena, sebagai PNS tugasnya adalah penyelenggara administrasi negara, sehingga sikap disiplin harus dimiliki setiap pemimpin. Tujuannya, agar menjadi contoh bagi bawahan," kata Irianto Lambrie di Kantor Gubernur Kaltim Samarinda, Senin (14/1).

Sebagai atasan, para kepala SKPD harus bisa memberi contoh dan terus melakukan koordinasi dengan bawahan. Misal, jika menginstruksikan apel pagi, sebagai pimpinan SKPD mereka juga harus hadir dalam apel tersebut. Sebagai contoh yang baik, pemimpin harus sering mengingatkan bawahan agar meningkatkan prestasi dan kinerja dalam instansi yang dipimpin. Terutama menegakkan disiplin kerja.

"Penegakan disiplin bisa saja diterapkan semua pihak, baik di organisasi maupun di lingkungan pemerintahan. Karena, penegakan disiplin berkaitan dengan penegakan aturan yang telah ditetapkan," jelasnya.

Sikap disiplin kerja pegawai juga sangat berpengaruh terhadap peningkatan akuntabilitas kinerja pemerintahan dan pengelolaan keuangan di daerah. Jika kinerja membaik, tentu potensi penyimpangan akan lebih mungkin ditekan atau dihilangkan. (jay/hmsprov)

SUMBER : HUMAS PROV. KALTIM


Artikel Terkait