HUT Kemerdekaan RI di Kaltim Dipimpin Gubernur Faroek
18 Agustus 2013 Admin Website Berita Daerah 277
HUT Kemerdekaan RI di Kaltim Dipimpin Gubernur Faroek

SAMARINDA. Peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan RI ke 68 tingkat provinsi Kaltim dan Kota Samarinda yang dipusatkan di Stadion Madya Sempaja, Samarinda, Sabtu (17/8), disebut Gubernur H Awang Faroek Ishak, tak hanya sekadar peringatan, melainkan menjadi barometer kemajuan pembangunan nasional dan kesadaran nasionalisme terhadap bela negara. 

"Hari Kemerdekaan ini tidak hanya bermakna sebagai peringatan, tapi hendaknya menjadi barometer kemajuan pembangunan nasional. Barometer meningkatkan kesadaran nasionalisme masyarakat terhadap belanegara," ungkap Gubernur Faroek usai memimpin ucapaca bendera peringatan Hari Kemerdekaan RI ke 68 tahun 2013 ini. 

Serimonial peringatannya sendiri dimulai pukul 11.00 wita dengan diawali bunyi sirene selama satu menit. Lantas dilakukanpenghormatan pasukan, pengibaran bendera Merah Putih, dan pembacaan naskah proklamasi. Naskah proklamasi kemerdekaan ini dibacakan oleh Ketua (sementara) DPRD Kaltim, H Syahrun alias H Alung. 

Pengibaran Merah Putih yang diiringi lagu kebangsaan Indonesia Raya, misalnya, berlangsung cukup khidmad. Dilakukan oleh Paskibra yang terdiri kelompok 17 dengan komandan Alfi Zakaria dari Paser. Petugas yang menaikkan bendera Dwi Joko Prabowo (Samarinda) dan Gunawan (Nunukan). Sedang pembawa bendera duplikat dalam baki yang diambil dan diserahkan oleh Gubernur Faroek adalah Elga Situmorang (Samarinda) dari kelompok 8 yang dikomandani Hari Puryanto (Balikpapan). 

Gubernur Faroek menyatakan, bangsa Indonesia yang sudah 68 tahun merdeka ini diharapkan bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi secara nasional, dan stabilitas keamanan masyarakat juga semakin baik, untuk melaksanakan pembangunan. Ia pun mengajak semua anak bangsa untuk berjuang mengisi kemerdekaan ini dalam pembangunan. 

"Mari kita semua berjuang untuk kepentingan masyarakat dan itu sudah menjadi tujuan bersama negara Indonesia ini merdeka. Saya berharap, suatu saat nanti tidak adalagi orang miskin dan upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui berbagai program pembangunan harus lebih ditumbuhkembangkan lagi," ujarnya. 

Peringatan Hari Kemerdekaan RI tingkat Kaltim dan Kota Samarinda berlangsung cukup khidmad, tertib, aman dan lancar. Dihadiri oleh Wakil Gubernur H Farid Wadjdy, para unsur FKPD Kaltim, Kepala SKPD Kaltim, Walikota Samarinda H Syaharie Jaang dan unsur FKPD Samarinda, TNI dan Polri, tokoh agama dan masyarakat, termasuk para pelajar dan mahasiswa. 

Lantas salah satu anggota Paskibra Kaltim, Gunawan, mengaku gembira dan terkesan selepas menunaikan tugas. "Alhamdulillah, tugas yang diberikan kepada saya di bagian yang paling krusial saat membentangkan bendera, sudah kami lewati dengan baik," ucap pelajar asal Nunukan itu dengan berbinar-binar.

Sang pembawa bendera di dalam baki pun tak kalah gembiranya. "Saya gembira dan merasa senang sekali terpilih menjadi anggota Paskibra Kaltim. Terlebih tugas dan tanggungjawab yang diberikan kepada kami sudah kami jalankan dengan baik," aku Elga Situmorang, pelajar dari Samarinda itu.

SUMBER : DINAS KOMUNIKASI DAN INFORMATIKA PROV. KALTIM


Artikel Terkait