(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Hasil Survey Tingkat Kepuasan Pengunjung Web Disbun Kaltim

09 April 2012 Admin Website Artikel 2337

SAMARINDA. Dalam rangka meningkatkan kualitas pelayanan publik berbasis website, Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim melakukan survey tingkat kepuasan pengunjung secara online.

Survey online digelar sejak Januari 2012 yang lalu, telah diisi oleh 70 orang responden secara online melalui website Disbun Kaltim http://perkebunan.kaltimprov.go.id

Adapun hasil survey online posisi Triwulan I Tahun 2012 antara lain :

Jumlah responden sebanyak 70 orang responden yang berasal dari Samarinda sebanyak 13 orang (18,50 persen), luar kota dalam provinsi sebanyak 28 orang (40 persen), luar Provinsi sebanyak 27 (38,50 persen) dan luar negeri sebanyak 2 orang (3 persen). Dapat disimpulkan bahwa website Disbun dapat diakses dari mana saja dengan mudah.

Pengunjung website juga memiliki latar belakang pendidikan yang bervariasi. Pengunjung dengan latar pendidikan Strata 1 (S1) paling banyak mengunjungi website sebanyak 36 orang (51,43 persen), diikuti oleh pengunjung dengan latar pendidikan Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA/SMA) sebanyak 18 orang (25,71 persen), kemudian pengunjung dengan latar pendidikan Strata 2 (S2) sebanyak 12 orang (17,14 persen), diikuti oleh pengunjung dengan latar pendidikan Sekolah Dasar (SD) sebanyak 2 orang (2,86 persen) dan pengunjung dengan latar pendidikan Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP/SMP) dan Strata 3 (S3) masing - masing 1 orang (1,43 persen). Dari hasil survey ini, dapat disimpulkan bahwa website Disbun dapat diakses oleh pengunjung dari latar belakang pendidikan yang berbeda.

Sedangkan jenis pekerjaan pengunjung website juga berbeda, pengunjung sebagai pekerja swasta paling banyak mengunjungi website sebanyak 36 orang (52,17 persen),diikuti oleh pengunjung dari pemerintahan (PNS) sebanyak 18 orang (26,09 persen), dilanjutkan dengan pengunjung yang merupakan mahasiswa sebanyak 8 orang (11,59 persen) dan lainnya sebanyak 7 orang (10,14 persen). Dari hasil survey ini, dapat disimpulkan bahwa website Disbun dapat diakses oleh pengunjung dari latar belakang pekerjaan / aktivitas yang berbeda.

Sebanyak 62 orang responden (89,86 persen) menyatakan pernah mengunjungi website Disbun, sementara itu sebanyak 7 orang (10,14 persen) menyatakan tidak pernah mengunjungi website. Hal ini dikarenakan para pengunjung tersebut mendapat referensi dari mesin pencari saat melakukan pencarian materi tertentu, contohnya Google.

63 orang responden (91,30 persen) menyatakan telah memperoleh informasi mengenai website Disbun dari internet, diikuti oleh info lainnya sebanyak 3 orang (4,35 persen), teman sebanyak 2 orang (2,90 persen) dan surat kabar sebanyak 1 orang (1,45 persen). Dapat disimpulkan bahwa informasi mengenai website Disbun sangat mudah diperoleh oleh masyarakat luas.

 29 orang responden (42,03 persen) menyatakan bahwa mereka mengunjungi website Disbun setiap seminggu sekali. Sedangkan sebanyak 23 orang responden (33,33 persen) menyatakan mengunjungi website sebulan sekali, sementara sebanyak 10 orang responden (14,49 persen) mengunjungi website setiap hari. 7 orang responden (10,14 persen) menyatakan tidak pernah mengunjungi website. Dapat disimpulkan bahwa website Disbun sering dikunjungi oleh pengunjung.

Info harga perkebunan merupakan informasi yang paling banyak diakses oleh para pengunjung dengan jumlah 11 responden (15,94 persen), diikuti oleh berita, informasi perusahaan dan teknologi terapan perkebunan dengan jumlah 9 responden (13,04 persen), kemudian informasi mengenai benih / bibit dan info lainnya dengan jumlah 8 responden (11,59 persen), diikuti info mengenai dinas dan data luas perkebunan dengan 5 responden (7,25 persen) yang diikuti oleh data produksi sebanyak 4 responden (5,80 persen) dan info hama / penyakit sebanyak 1 responden (1,45 persen). Dapat disimpulkan bahwa website Disbun memberikan informasi yang dibutuhkan oleh para pengunjung.

Pengunjung yang mengakses website Disbun paling banyak dari rumah sebanyak 32 responden (46,38 persen), diikuti dari kantor sebanyak 24 responden (34,78 persen) , mengakses darimedia lainnya sebanyak 5 responden (7,25 persen), handphone sebanyak 4 responden (5,80 persen), warnet sebanyak 3 responden (3,45 persen) dan kampus sebanyak 1 (1,45 persen). Dapat disimpulkan bahwa website Disbun sangat mudah diakses darimana saja.

Pengunjung memberikan tanggapan mengenai tampilan website Disbun adalah Baik sebanyak 39 responden (56,52 persen), Sangat Baik sebanyak 19 responden (25,54 persen), Perlu Perbaikan sebanyak 6 responden (8,70 persen) dan Cukup sebanyak 5 responden (7,25 persen). Dapat disimpulkan bahwa tampilan website Disbun mendapat predikat Baik meskipun masih perlu adanya perbaikan kedepannya dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan terhadap pengguna.

Pengunjung memberikan tanggapan mengenai navigasi website Disbun adalah Baik sebanyak 43 responden (62,32 persen), Cukup sebanyak 11 responden (15,94  persen), Sangat Baik sebanyak 10 responden (14,49 persen) dan Perlu Perbaikan sebanyak 5 responden (7,25 persen). Dapat disimpulkan bahwa navigasi website Disbun mendapat predikat Baik meskipun masih perlu adanya perbaikan kedepannya dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan terhadap pengguna.

Pengunjung memberikan tanggapan mengenai data dan informasi yang disajikan website Disbun adalah Baik sebanyak 21 responden (30,43 persen), Sangat Baik sebanyak 18 responden (26,09 persen),  Cukup sebanyak 17 responden (24,64 persen) dan Perlu Perbaikan sebanyak 13 responden (18,84 persen). Dapat disimpulkan bahwa data dan informasi yang disajikan website Disbun mendapat predikat Baik meskipun masih perlu adanya perbaikan kedepannya dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan terhadap pengguna.

Pengunjung memberikan tanggapan mengenai produk layanan yang ditawarkan website Disbun adalah Baik sebanyak 30 responden (43,48 persen), Cukup sebanyak 18 responden (26,09 persen), Sangat Baik sebanyak 14 responden (20,29 persen) dan Perlu Perbaikan sebanyak 7 responden (10,14 persen). Dapat disimpulkan bahwa produk layanan yang ditawarkan website Disbun mendapat predikat Baik disamping masih perlu adanya perbaikan kedepannya dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan terhadap pengguna.

Pengunjung memberikan tanggapan mengenai pelayanan petugas website Disbun adalah Baik sebanyak 26 responden (37,68 persen), Cukup sebanyak 24 responden (34,78 persen), Sangat Baik sebanyak 11 responden (15,94 persen) dan Perlu Perbaikan sebanyak 8 responden (11,59 persen). Dapat disimpulkan bahwa pelayanan petugas website Disbun mendapat predikat Baik disamping masih perlu adanya perbaikan kedepannya dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan terhadap pengguna.

Pengunjung menyatakan layanan website telah memenuhi harapan (Ya) sebanyak 36 responden (52,17 persen), sementara sebanyak 24 responden (34,78 persen) menyatakan Mungkin, Tidak Pasti sebanyak 8 responden (11,59 persen) dan Tidak Sama Sekali sebanyak 1 responden (1,45 persen). Dapat disimpulkan bahwa layanan yang diberikan website telah memenuhi harapan pengunjung, namun perlu ada evaluasi dan perbaikan mengingat masih adanya pengunjung yang merasa tidak puas dengan pelayanan website.

Dari hasil survey online mengenai tingkat kepuasan pengunjung website Disbun Kaltim, dapat disimpulkan bahwa website Disbun telah memberikan pelayanan yang baik kepada pengguna yang memerlukan data dan informasi.

Pada tahun 2005 yang lalu, situs web Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim pernah meraih peringkat kedua  untuk kategori Dinas Pertanian Provinsi lingkup Kementerian Pertanian. Sedangkan tahun 2009 dan 2010 yang lalu, hanya berhasil masuk 10 Besar Situs Web Terbaik Kategori SKPD Pertanian Provinsi Seluruh Indonesia. Namun, pada 2011 website Disbun Kaltim kembali meraih juara kedua nasional. Diharapkan tahun 2012 ini, website Disbun Kaltim mampu menembus 3 besar nasional.(rey)
 
SUMBER : SUB BAGIAN PERENCANAAN PROGRAM

Artikel Terkait