Hasil Kebun Plasma Mulai Dinikmati
01 April 2012 Admin Website Artikel 236
TANJUNG REDEB. Upaya Pemerintah Berau menyejahterakan masyarakatnya melalui Sektor Perkebunan mulai menunjukkan hasil.  Sejumlah Koperasi yang menjadi mitra plasma perkebunan kelapa sawit yang beroperasi di Bumi Batiwakkal mulai menikmati hasil kebunnya. Seperti yang diterima lebih 150 anggota Koperasi Mitra Sawit di Kampung Biatan Lempake Kecamatan Biatan. Sepekan lalu, anggota koperasi yang menjadi binaan PT. Tanjung Bunyu Perkasa (TBP) itu menerima pembayaran perdana.

Ketua Koperasi Mitra Sawit, H Andi Amir yang ditemui Minggu (31/3) kemarin mengungkapkan buah kesabaran masyarakat yang telah menunggu kebun plasma sejak 2007 silam, mulai dirasakan. Tidak tanggung-tanggung, setiap pemilik lahan perkebunan plasma yang masing-masing seluas 2 hektare, menerima Rp 6,8 juta. Hasil kebun plasma itu akan terus diterima masyarakat enam bulan ke depan dan berikutnya akan langsung dibayarkan rutin setiap bulan.

Kebun plasma, memberikan keuntungan besar kepada masyarakat. Mereka hanya sebagai pemilik lahan perkebunan, sementara seluruh biaya operasional pembangunan kebun hingga proses panen dijamin perusahaan. Saat masyarakat tinggal menerima pembagian hasil yang akan terus dibayarkan perusahaan hingga habisnya usia tanam kelapa sawit 25 tahun ke depan.

Perwakilan Manajemen PT TBP Haris Sabran menjelaskan pembayaran hasil kebun plasma ke sejumlah koperasi binaan sudah dilakukan. Pihaknya berkomitmen membayarkan hasil kebun plasma setelah proses kelengkapan administrasi. Saat ini, ada beberapa koperasi belum selesai dalam hal administrasi, sehingga pembayaran tertunda.

DIKUTIP DARI KALTIM POST, MINGGU, 1 APRIL 2012

Artikel Terkait