Harus Jadi Kakao Nomor Satu
26 Juni 2021 Admin Website Berita Daerah 70
Harus Jadi Kakao Nomor Satu

BERAU. Kunjungan kerja dan peninjauan lapangan Gubernur dan Wakil Gubernur Kaltim ke wilayah utara berlanjut mengunjungi pabrik pengolahan kakao unit usaha dari PT Berau Coal, yaitu Berau Cocoa di Rinding, Teluk Bayur, Kabupaten Berau, Jumat (25/06/2021).

Pada kesempatan ini, Gubernur Isran Noor, Wagub Hadi Mulyadi, Bupati Berau Sri Juniarsih Mas dan Wakil Bupati Gamalis melihat langsung tiga jenis biji kakao spesial yang menjadi produk andalan dari Berau Cocoa, yakni Sirius, Alpha dan Vega. Biji Alpha dan Vega dikirimkan ke Makassar dan Gresik, sedangkan biji Sirius dikirim ke Makassar, Bali, Yogyakarta dan Jakarta.

Gubernur Isran Noor melalui Wakil Gubernur Hadi Mulyadi mengucapkan terima kasih kepada Berau Coal melalui unit usaha Berau Cocoa yang telah membantu masyarakat, serta menumbuhkan perekonomian masyarakat Berau.

"Kita berharap kakao Berau ini menjadi kakao nomor satu di dunia, karena saat ini kualitasnya ada di posisi nomor empat dunia. Berau Cocoa juga bisa belajar dengan negara-negara yang lebih maju pembuatan kakao nya, seperti Belgia, Belanda atau Australia. Tentu juga kami titip program ini untuk dipantau kepada Ibu Bupati dan Bapak Wakil Bupati Berau. Semoga manfaatnya bisa terus dirasakan oleh masyarakat Berau dan Kaltim," kata Hadi Mulyadi.

Berau Cocoa dimulai sejak November 2018, memiliki target luas kebun kakao sebesar 10.000 hektare, dengan total pembelian biji kakao basah dari petani kakao sebesar 192.800 kilogram sejak November 2018.

Adapun kebun kakao tersebar di delapan Desa, yakni Tumbit Dayak, Tumbit Melayu, Batu Rajang, Long Lanuk, Merasa, Suaran, Gunung Tabur dan Labanan. (her/yans/humasprovkaltim)


Artikel Terkait