Gelar Kesultanan Disiapkan Untuk SBY
01 April 2011 Admin Website Artikel 292
TENGGARONG - Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) yang direncanakan hadir pada pembukaan Pekan Nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Juni mendatang, bakal mendapat gelar kehormatan dari Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura. Penyematan gelar itu akan dilaksanakan dalam upacara adat Kutai Tempong Tawar yang akan dipimpin Sutan HM Salehuddin II.

“Kesultanan sudah menyiapkan agenda itu,. Namun kami masih menunggu konfirmasi dari bagian protokoler istana kepresidenan tentang penyematan gelar ini,” kata Sri Wahyuni, Kabag Humas dan Protok Sekretariat Kabupaten Kukar di ruang kerjanya Rabu (30/3).

Menurut rencana, SBY akan tiba di GOR Aji Imbut, Kukar 18 Juni bersama beberapa menteri untuk membuka pelaksanaan Penas yang berlangsung seminggu hingga 23 Juni. Presiden juga akan melakukan temu wicara dengan petani dan nelayan seluruh Indonesia yang hadir, termasuk 30 petani ASEAN dari Jepang dan Korea.

“Semua persiapan terus kita matangkan. Termasuk persiapan homestay (pemondokan) milik warga untuk menampung seluruh peserta dan peninjau sekitar 30 ribu orang,” terangnya.

Bicara persiapan, Sri menjelaskan, Pemkab Kukar telah membangun jalur khusus sepanjang 1,2 kilometer untuk akses presiden menuju lokasi Penas. Selain itu, beberapa kerusakan infrastruktur jalan di Jalur 2 Samarinda-Tenggarong akan digenjot perbaikannya dalam waktu 2 bulan ini.

“Untuk jalur Loa Janan-Samarinda masuk jalan provinsi. Pak Gubernur sudah meminta jalan sepanjang 30 kilometer ini segera diperbaiki karena ini masuk jalur utama para peserta,” kata Sri.

DIKUTIP DARI KALTIM POST, JUMAT, 1 APRIL 2011

Artikel Terkait