Gelar dan Temu Teknologi di Ajang Penas KTNA XIII
12 April 2011 Admin Website Artikel 264

SAMARINDA - Dalam ajang pekan nasional (Penas) Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) XIII Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara akan diselenggarakan temu dan gelar teknologi, terutama ditampilkan model budidaya pertanian dengan subsektornya.

Menurut Ketua Panitia Penas KTNA Kaltim HM Yadi Sofyan Noor, gelar teknologi merupakan model budidaya komoditas pangan, hortikultura, perkebunan, peternakan, perikanan dan kehutanan dengan menggunakan teknologi inovatif.

Sedangkan temu teknologi merupakan forum pertemuan antara petani dan nelayan dengan peneliti, penyuluh dan pejabat fungsional untuk saling tukar menukar informasi maupun pengalaman mengenai keberhasilan penerapan suatu teknologi yang ramah lingkungan yang meliputi teknologi budidaya, pasca panendan pengolahan hasil.

"Tujuan diselengarakan gelar teknologi untuk menghantarkan sekaligus memperkenalkan teknologi tepat guna yang merupakan hasil kajian Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Pertanian, Balitbang Perikanan, Balitbang Kehutanan, swasta maupun Badan Usaha Milik Negara (BUMN)," ujar Sofyan.

Sekaligus untuk meningkatkan kemampuan penguasaan pengeahuan dan teknologi tepat guna petani nelayan. Sedangkan temu teknologi akan menampilkan hasil-hasil temuan teknologi, pengalaman petani nelayan, peneliti, penyuluh, dan pejabat fungsional dalam menerapkan suatu teknologi.

Sehingga melalui temu dan gelar teknologi ini akan mampu mendorong bagi tumbuh dan berkembangnya motivasi serta kreativitas bagi para petani dan nelayan untuk mengembangkan teknologi tepat guna.

Gelar teknologi berupa demontrasi plot (demplot) teknologi di pusat kegiatan Penas (outdoor) dalam upaya memberikan gambaran konkrit tentang aplikasi teknologi sesuai dengan daya dukung dan prospek pasar.

Sementara itu, temu teknologi berupa seminar dengan tema Melalui Penguasaan Teknologi Tepat Guna Kita Tingkatkan Pendapatan Petani dan Nelayan. Diikuti sekitar 500 orang dari kontingen peserta Penas KTNA provinsi serta kabupaten dan kota se-Indonesia.

SUMBER : HUMAS PROV. KALTIM

Artikel Terkait