Fokus Tingkatkan Produksi Perkebunan
11 Januari 2013 Admin Website Artikel 344
TANJUNG REDEB. Dinas Perkebunan (Disbun) Kabupaten Berau tahun ini tetap fokus pada peningkatan produksi. Salah satunya memberikan pembinaan kepada kelompok petani swadaya di beberapa kecamatan pesisir dan pedalaman. Hal ini disampaikan Kepala Dinas Perkebunan (Kadisbun) Basri Sahrin, (10/1) kemarin pagi.
 
Dikatakannya, peningkatan produksi memang fokus utama, terutama kepada petani kakao, lada, karet, nilam, kopi dan termasuk untuk petani sawit yang swadaya. Hal ini berkaitan dengan intensifikasi dan rehabilitasi yang tersebar di 13 kecamatan se-Berau. "Ini sesuai sentra produksi yang ada, kami akan fokus melakukan pembinaan rehabilitasi juga, termasuk pengawasan khusus oleh tim teknis," katanya.
 
Dijelaskan, dalam melaksanakan penyuluhan di lapangan, pihaknya juga saling bekerja sama dengan instansi terkait, yakni penyuluh dari Badan Ketahanan Pangan. Alasannya, agar pelaksanaan juga dapat lebih efektif, termasuk para petani langsung mendapatkan penjelasan dan informasi dengan jelas, tentang manfaat dan kelebihannya.
 
Hal itu sekaligus  sebagai upaya untuk menyukseskan program-program Dinas Perkebunan, dalam hal pengembangan sumber daya alam yang ada, dan juga untuk meningkatkan sumber pendapatan masyarakat. "Kita tetap bekerjasama dengan instasi terkait, dalam hal pembinaan dan penyuluhan, tentu ini semua muaranya untuk warga khususnya para petani yang ada di daerah," jelasnya.
 
Diungkapkan, pihaknya juga akan memberikan dukungan kepada para petani di daerah,yakni beberapa jenis bibit komoditas. Namun bibit yang akan disalurkan tersebut hanya tiga jenis seperti bibit karet, kakao dan lada. Tiga jenis bibit komoditas ini sesuai dengan hasil Musrembang pada Maret 2012 lalu, yang diputuskan oleh beberapa petani.
 
Untuk itu ia berharap, tahun ini semua program berjalan dengan baik dan terealisasi 100 persen seperti tahun 2012 lalu, dan berjalan sesuai dengan program yang ada. "Kami berikan dukungan, sesuai keputusan yang ada, dengan harapan semua program juga berjalan dengan baik," ungkapnya.

DIKUTIP DARI KALTIM POST, JUMAT, 11 JANUARI 2013

Artikel Terkait