(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Etnawati : Waspadai Kebakaran Lahan dan Kebun

01 Oktober 2014 Admin Website Berita Kedinasan 2600
Etnawati : Waspadai Kebakaran Lahan dan Kebun

SAMARINDA. Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim, Hj. Etnawati menghimbau kepada seluruh petani perkebunan serta perusahaan perkebunan untuk mewaspadai dan mengantisipasi kebakaran lahan dan kebun.

"Cuaca ekstrem yang terjadi saat ini dapat menimbulkan bencana, diantaranya kebakaran lahan dan kebun, sehingga masyarakat perkebunan termasuk perusahaan perkebunan diminta tidak membuka lahan dengan cara membakar," jelasnya, Senin (29/09) kemarin.

Etnawati mengungkapkan, diantara dampak negatif akibat kebakaran lahan dan kebun adalah kerugian materiil yang berdampak terganggunya perekonomian dan petani sektor perkebunan.

Bagi petani sawit, lanjutnya, produksi perkebunan pasti akan sangat terganggu akibat kebakaran. Sementara kebakaran juga berdampak bagi masyarakat non pekebun dengan ancaman kabut asap dan gangguan pernafasan.

Kendati bukan hanya disebabkan dari perbuatan manusia saja, tapi bisa juga dengan adanya gesekan kayu yang kering di kawasan lahan dan kebun tersebut. Karenanya, petani perkebunan diharapkan berhati – hati dalam mengelola lahan tersebut.

"Kami berharap dinas yang membidangi perkebunan di  kabupaten dan  se Kaltim juga dapat memberikan himbauan terkait permasalahan ini dan sepakat untuk segera memaksimalkan usaha-usaha pencegahan kebakaran lahan sedini mungkin," jelasnya. (rey/disbun)

SUMBER : BIDANG PERLINDUNGAN

Artikel Terkait