DPRD Sarankan PT KJA Bangun Kebun Sawit
12 Mei 2008 Admin Website Artikel 256
Harapan masyarakat Paser ini disampaikan langsung Anggota Komisi II DPRD Paser HM Aksa Arsyad kepada jajaran manajemen PT KJA, belum lama ini. "Untuk memacu pertumbuhan ekonomi masyarakat Paser, masyarakat berharap PT KJA membangunkan kebun sawit," kata Aksa kepada President Director PT KJA Kim Sung Kook.

Menurut Aksa, DPRD melakukan pertemuan ini terkait dengan maraknya desakan masyarakat agar lahan yang seluas 54.000 hektare (Ha) bisa dilepas separuhnya untuk kegiatan perkebunan atau kegiatan lainnya, sehingga bisa meningkatkan ekonomi masyarakat.

"Kalau kita hitung-hitung, sejak tahun 1991 - 2008 PT KJA baru mengeksploitasi batu bara sekitar 4.000 ha, ditambah dengan support facilities 6.000 ha. Sehingga sampai kontrak pertama PT KJA habis di tahun 2025, PT KJA hanya bisa menggarap lahan sekitar 8.000 ha, masih ada sekitar 30.000 ha yang masih bisa digunakan," ungkapnya.

Menanggapi hal itu, Kim Sung Kook mengatakan PT KJA hanya meminjam dan memakai lahan tersebut, sedangkan pemilik lahan tetap pemerintah, sehingga pelepasan sebagian lahan pinjam pakai PKP2B (Perjanjian Karya Pengusahaan Pertambangan Batu bara) tidak bisa dilakukan secara sepihak oleh PT KJA, karena terkait kontrak kerja dengan pemerintah pusat.

DIKUTIP DARI TRIBUN KALTIM, SABTU, 10 MEI 2008

Artikel Terkait