(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Dorong Produktifitas Perkebunan Rakyat, Disbun Siapkan 50 Ribu Benih Unggul

08 November 2023 PPID Berita Daerah 1293
Dorong Produktifitas Perkebunan Rakyat, Disbun Siapkan 50 Ribu Benih Unggul

SAMARINDA. Salah satu faktor penting yang harus diperhatikan guna mendukung suksesnya usaha perkebunan adalah bibit atau benih unggul.

Benih tanaman yang tak unggul, seperti dijelaskan Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Ahmad Muzakkir, akan mengurangi pendapatan karena produksinya terbilang rendah.

Karena itu Dinas Perkebunan Kaltim siapkan puluhan ribu bibit atau benih kelapa sawit, pala, kakao, dan aren yang sangat bermutu untuk nantinya dikelola dengan baik oleh pekebun.

“Dinas Perkebunan tengah menyediakan benih unggul bermutu untuk parkebunan rakyat. Benih terdiri dari kelapa sawit 20.000 benih, aren 10.000 benih, pala 15.000 benih, dan kakao 5.000 benih,” ucap Muzakkir, Selasa (07/11) kemarin.

Muzakkir mengatakan, pihaknya melalui Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) yang khusus mempunyai tugas dan fungsi dalam mempersiapkan komoditas unggulan. Selain itu, kata dia, penyiapan bibit tersebut guna meningkatkan kualitas dari hasil perkebunan.

Ditambahkan Muzakkir, bila hal ini dikelola dengan baik, maka mampu mencapai target Pendapat Asli Daerah (PAD) serta dapat menekan inflasi di Benua Etam.

“Kami memiliki UPTD yang mempersiapkan bibit/ benih unggul komoditas unggulan. Tujuannya agar dapat meningkatkan produktifitas perkebunan yang berkualitas, dan juga menghasilkan PAD yang setiap tahun ditargetkan,” katanya.

“Selain itu, ini juga untuk pelestarian keberlangsungan sumber daya genetik atau plasma nutfah tanaman perkebunan. Tentunya ini menjadi salah satu langkah yang bisa menekan inflasi di Kaltim,” sambung Kadis.

Diketahui sebelumnya, Ahmad Muzakkir telah melakukan pemantauan ke lokasi bibit, di Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kutai Kartanegara, bersama pihaknya guna memastikan kesiapan bibit unggul tersebut.

“Ya Senin kemarin saya monitor dan cek langsung ke dua lokasi, Km 41 Batuah dan Km 38, di Loa Janan, Kukar, dalam rangka memastikan kesiapan bibit/benih, bersama Kepala UPTD terkait dan staf teknis terkait,” ucapnya.

“Dengan upaya Dinas Perkebunan ini, kita harapkan benar-benar dapat mendongkrak perekonomian Kaltim. Selain itu, kita ingin menjadikan masyarakat senang dan lebih progres untuk bersama-sama meningkatkan produktifitas. Dinas Perkebunan akan tetap mendorong dan membantu agar perkebunan di Kaltim bisa maju,” imbuh Muzakkir.

SUMBER : SEKRETARIAT

Artikel Terkait