Disbun Terima Tanda Daftar Varietas Tanaman Lada Malonan 1
13 Januari 2016 Admin Website Berita Kedinasan 370
Disbun Terima Tanda Daftar Varietas Tanaman Lada Malonan 1

SAMARINDA. Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian, Kementerian Pertanian menyerahkan Tanda Daftar Varietas Tanaman, yakni Lada Malonan 1 kepada Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim pada Malam Anugerah Kalimantan Timur 2016, di Convention Hall, Samarinda, Minggu (10/01) kemarin.

Kepala Dinas Perkebunan, Hj. Etnawati mengatakan Lada Malonan 1 adalah varietas unggul nasional asal Kaltim yang telah dilepas untuk benih unggul tanaman lada di Indonesia.

"Setelah dilakukan penelitian, lada Kaltim Malonan 1 memang berbeda dengan daerah lain dan memiliki beberapa keunggulan," ujar Etnawati.

Malonan 1 mengandung minyak atsiri sebesar 2,35 persen, oleoserin 11,23 persen, dan piperin 3,82 persen atau lebih tinggi dari oleoserin dan piperin lada putih varietas Petaling 1 yang hanya 10,66 persen dan 3,03 persen. Termasuk  lada enteng dengan kandungan minyak atsiri 2,90 persen, piperin 3,96 persen, dan oleserin 12,59 persen.

Sedangkan lada hitam Kaltim memiliki kandungan minyak atsiri 2,61 persen, oleoserin 15,60 persen, dan piperin 3,18 persen atau lebih tinggi dari oleoserin dan piperin lada hitam varietas Natar 1, yakni 11,29 persen dan 2,35 persen.

Selain itu, Malonan 1 memiliki toleran terhadap penyakit busuk pangkal batang dan mampu berproduksi sepanjang tahun dengan rata-rata produksi 2,17 ton per hektar per tahun.

"Dengan dilepasnya Malonan 1 sebagai varietas unggul nasional, kami semakin optimis mengembalikan kejayaan lada di Kaltim mengingat ketersediaan akan benih unggul dapat terpenuhi. Selain itu, imbas kenaikan harga lada putih yang mencapai Rp 160 ribu per kilogram, membuat petani kembali bergairah mengurus hamparan kebun lada miliknya," harap Etnawati. (rey/disbun)

SUMBER : SEKRETARIAT


Artikel Terkait