(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Disbun Serahkan Bantuan Sarana Prasarana Pengendalian Kebakaran Lahan Perkebunan di Kabupaten Kukar

04 Juni 2024 PPID Berita Daerah 182
Disbun Serahkan Bantuan Sarana Prasarana Pengendalian Kebakaran Lahan Perkebunan di Kabupaten Kukar

TENGGARONG. Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur mengadakan Penyerahan Bantuan Sarana Prasarana (SARPRAS) Pengendalian Kebakaran Lahan Perkebunan (DALKARLABUN) di Kantor Dinas Perkebunan Kabupaten Kutai Kartanegara, Selasa (04/06) pagi.

Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya berkelanjutan pemerintah dalam menangani kebakaran lahan perkebunan yang sering terjadi di wilayah tersebut.

Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur, Ence Achmad Rafiddin Rizal, menegaskan pentingnya kepemilikan sarpras DALKARLABUN oleh para pelaku usaha perkebunan.

Ia menyoroti peran strategis KTPA sebagai garis depan dalam pengendalian kebakaran di tingkat tapak, yang dapat memberikan respons cepat dan efektif terhadap kejadian kebakaran di wilayah mereka.

Penyerahan sarpras berupa alat dan papan nama kepada Kelompok Tani Peduli Api (KTPA) adalah bagian dari program CP/CL KTPA Kabupaten Kukar yang telah dimulai sejak tahun 2023.

"Program ini bertujuan untuk memperkuat kapasitas KTPA dalam menghadapi dan mengelola kebakaran lahan secara efektif." ujar Rizal.

Pada kegiatan ini, diserahkan satu unit alat pompa jinjing dan satu unit pompa punggung kepada KTPA Desa Prangat Baru, serta 13 set plang nama kepada 13 KTPA lainnya.

Harapannya, dengan adanya sarpras yang memadai, pengendalian kebakaran lahan perkebunan dapat terwujud, serta mampu menurunkan emisi gas rumah kaca di wilayah Kabupaten Kutai Kartanegara.

Kegiatan ini diakhiri dengan penandatanganan Berita Acara Serah Terima oleh para pejabat yang hadir, termasuk Muhammad Taufik, M. Taufik R., dan Rudihamli. (afif/disbun)

SUMBER : SEKRETARIAT

Artikel Terkait