(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Disbun Serahkan Bantuan Alat Pemadam Karlabun

12 Juni 2024 PPID Berita Daerah 445
Disbun Serahkan Bantuan Alat Pemadam Karlabun

KUTAI BARAT. Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur kembali menegaskan komitmennya dalam mendukung petani lokal dengan langkah nyata. Pada Selasa (11/06) kemarin, Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur menyerahkan peralatan Pengendalian Kebakaran Lahan Perkebunan (DALKARLABUN) kepada Kelompok Tani Pemanfaatan Air (KTPA) Sekolaq Darat.

Penyerahan ini menjadi bukti keseriusan pemerintah dalam melindungi lahan perkebunan dari ancaman kebakaran yang sering terjadi di musim kering.

Acara penyerahan ini meliputi distribusi Pompa Punggung dan Pompa Jinjing serta enam papan nama KTPA kepada enam kelompok tani di wilayah tersebut.

Penyerahan alat DALKARLABUN ini dilakukan oleh Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur yang diwakili Kepala Bidang Perkebunan Berkelanjutan Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur, Asmirilda.

Peralatan tersebut diserahkan kepada Plt. Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kutai Barat, Maliki, dan turut disaksikan oleh Kepala Bidang Perkebunan Kabupaten Kutai Barat, Markus Darma.

Penyerahan ini diharapkan dapat membantu meningkatkan kesiapan dan produktivitas kelompok tani dalam menghadapi musim kemarau dan potensi kebakaran lahan.

Alat-alat yang diserahkan, seperti pompa punggung dan pompa jinjing, dirancang untuk membantu petani dalam upaya pengendalian kebakaran lahan yang sering menjadi ancaman saat musim kering tiba.

Dengan adanya peralatan ini, kelompok tani diharapkan dapat lebih efektif dalam mencegah dan menanggulangi kebakaran, yang pada gilirannya akan menjaga keberlanjutan produksi pertanian mereka.

Dalam sambutannya, Asmirilda menyampaikan harapannya agar bantuan ini dapat dimanfaatkan secara optimal oleh para petani.

"Kami berharap peralatan ini dapat membantu para petani dalam menjaga lahan mereka dari ancaman kebakaran dan meningkatkan hasil pertanian," ujar Asmirilda.

Sementara itu, Maliki mengucapkan terima kasih atas perhatian dan dukungan yang diberikan, serta menegaskan komitmen pemerintah daerah untuk terus mendukung program-program yang meningkatkan kesejahteraan petani di Kabupaten Kutai Barat. (afif/disbun)

Artikel Terkait