Disbun Serahkan Bantuan Alat Pemadam Karlabun
10 Juni 2020 Admin Website Berita Daerah 104
Disbun Serahkan Bantuan Alat Pemadam Karlabun

SAMARINDA. Dinas Perkebunan menyerahkan bantuan berupa mesin pompa dan selang pemadam kebakaran kepada 3 Kelompok Tani Peduli Api (KTPA) di Ruang Rapat Hevea, Kantor Dinas Perkebunan, Samarinda, Rabu (10/06) pagi.

“Tahun anggaran 2020 ini, kami memperoleh dana melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) guna mendukung sarana pengendalian dan pemadaman kebakaran lahan dan kebun kepada 3 KTPA yang berada di 3 kabupaten/kota, yakni Kabupaten Kutai Kartanegara, Berau dan Kota Samarinda”, kata Kepala Dinas Perkebunan Kaltim, Ujang Rachmad dalam sambutannya.

Menurutnya, bantuan sarana pengendalian kebakaran lahan dan kebun diperoleh berdasarkan atas proposal permohonan yang telah diajukan oleh Ketua KTPA maupun Dinas Kabupaten sebelumnya.

Adapun penerima bantuan peralatan pemadam karlabun, diantaranya adalah KTPA Taruna Muda di Kelurahan Bentuas, Kecamatan Palaran, Kota Samarinda.

Berikutnya, lanjut Ujang, KTPA Kutai Mandiri di Desa Sabintulung, Kecamatan Muara Kaman, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Dan terakhir, KTPA Teluk Semanting di Kecamatan Pulau Derawan, Kabupaten Berau.

“Masing-masing KTPA menerima 1 unit mesin pompa dan selang 1,5 inch sebanyak 5 roll. Kiranya bantuan sarana pengendalian kebakaran lahan dan kebun yang diserahkan dapat dimanfaatkan dengan baik, utamanya dalam pencegahan”, tegas Ujang.

Bantuan diserahkan secara simbolis oleh Kepala Dinas Perkebunan, Ujang Rachmad kepada Ketua KTPA Taruna Muda Samarinda dan Kepala Bidang Perlindungan Dinas Perkebunan Kukar, Syahrianto yang disaksikan oleh Kepala Bidang Perkebunan Berkelanjutan, Hj. Asmiwati dan Kepala Bidang Perkebunan Dinas Pertanian Kota Samarinda, Hj. Sulastri. Selanjutnya dilakukan penandatangan berita acara serah terima bantuan oleh masing-masing pihak.

Sementara itu, penyerahan bantuan kepada KTPA Teluk Semanting  akan dijadwalkan tersendiri karena adanya pandemi wabah Covid19 sehingga peserta dari Kabupaten Berau tidak dapat hadir pada acara tersebut. (rey/disbun)

SUMBER : SEKRETARIAT


Artikel Terkait