Disbun Latih Petugas Cara Penggunaan GPS
18 April 2012 Admin Website Artikel 337

SAMARINDA. Upaya menjawab tantangan era globalisasi dan digital, Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim melalui Bidang Pengembangan mengadakan Pelatihan Penggunaan Global Positioning System (GPS) yang diikuti oleh petugas perkebunan di kabupaten se Kaltim.

Kepala Disbun Kaltim, melalui Kabid Pengembangan, Ir. Bambang F. Fallah, MP dalam sambutannya mengatakan, kegiatan ini dimaksudkan untuk mengenalkan teknologi pengukuran dengan GPS atau menandai titik pelaksanaan kegiatan sehinggan mudah dikenali dan diketahui pada suatu wilayah kegiatan di Kabupaten dalam rangka penyediaan informasi akurat.

"GPS sangat berguna untuk menentukan lokasi dan keluasan suatu petak karena output data GPS yang bersifat cepat, tepat dan permanen. Karena itulah pelatihan ini diadakan untuk mempermudah para petugas dalam menjalankan tugasnya dilapangan", ujar Bambang.

Ditambahkannya, pelatihan ini merupakan praktek lapang dari kegiatan Pertemuan Teknis PIR Swadaya, Perluasan Areal dan Penyusunan Program Penyuluhan yang dilaksanakan tanggal 17 s/d 19 April 2012 oleh Disbun Kaltim melalui Bidang Pengembangan.

Pelatihan yang dibimbing oleh tim Satgas GIS Disbun ini diikuti oleh sekitar 40 peserta yang berasal dari petugas perkebunan Kabupaten di Kaltim, mengambil lokasi di kecamatan Marangkayu dan Loa Janan, Kukar.  

"Dengan adanya pelatihan ini, nanti para petugas mengetahui dan dapat menggunakan alat GPS dalam kegiatan di lapangan, sehingga segala data dapat dicek keakurasiannya baik tempat/ lokasi dan lain - lain", harap Bambang.

Menurutnya, para peserta pelatihan juga sangat antusias dengan diadakannya pelatihan ini karena dapat membantu mereka dalam menentukan luas suatu petak dengan cepat dan mudah, dengan menggunakan GPS maka posisi berdasarkan geo refrensi dapat diketahui sehingga kegiatan apapun dapat diketahui dan dapat dipetakan. (rey)

SUMBER : BIDANG PENGEMBANGAN

Artikel Terkait