Disbun Latih Petani Susun RDKK Pupuk Bersubsidi dan Kebutuhan Alsin
20 September 2012 Admin Website Artikel 347

















TENGGARONG. Dalam rangka penyusunan Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (RDKK), menjadi landasan bagi perencanaan sekolah tanam untuk 1 tahun kedepan, Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim menyelenggarakan Pelatihan Penyusunan RDKK Pupuk Bersubsidi dan kebutuhan Alat Mesin (Alsin) kepada 25 orang petani di kecamatan Loa Janan, Kukar.

"Kegiatan ini dilakukan agar para petani mampu menyusun kebutuhannya sendiri, baik pupuk bersubsidi dan penanganan pasca panen dengan memanfaatkan alsin", terang Kepala Disbun Kaltim diwakili oleh Kepala Bidang Produksi, Sukardi, SP, MSi.

Menurutnya, pelatihan yang dilaksanakan di Aula Pertemuan Kantor UPT Disbun kecamatan Loa Janan, Rabu (19/9) ini, juga dilaksanakan setiap tahunnya secara bertahap di seluruh Kabupaten / Kota seKaltim, mengingat masih banyak kelompok tani dan anggotanya yang belum bisa menyusun kegiatan dalam satu tahun kedepan, terutama untuk kebutuhan pupuk bersubsidi.

"Ini akan mempermudah petani mendapatkan pupuk sesuai dengan kebutuhan. Mengingat RDKK merupakan salah satu instrumen dalam penumbuhan partisipasi petani / kelompok tani dan melibatkan aparat pembina dan stakeholder lainnya. Dalam penyusunan RDKK, kelompok tani akan dibimbing dan dibina oleh petugas aparat pertanian, sehingga pengisian dan penyusunan RDKK dapat dipahami", urai Sukardi lagi.

Selain itu, RDKK yang diusulkan oleh kelompok tani sebaiknya disusun berdasarkan hasil musyawarah oleh masing - masing kelompok tani minimal dua bulan sebelum musim tanam sesuai dengan kebutuhan riil di lapangan untuk periode satu tahun. (rey)

SUMBER : BIDANG PRODUKSI


Artikel Terkait