Disbun Lakukan Pengendalian Busuk Pangkal Batang Lada
25 Juli 2022 Admin Website Berita Daerah 69
Disbun Lakukan Pengendalian Busuk Pangkal Batang Lada

BATU AMPAR. Kembali Dinas Perkebunan Kaltim melalui Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Pengembangan Perlindungan Tanaman Perkebunan (P2TP) melakukan pengendalian terpadu penyakit.

Kali ini pengendalian terhadap penyakit Busuk Pangkal Batang pada tanaman Lada di Kecamatan Batu Ampar, Kabupaten Kutai Timur. Rabu 20 Juli 2023.

"Busuk Pangkal Batang merupakan penyakit penting dan paling menakutkan bagi petani lada," kata Kepala UPTD P2TP Sopian, Ahad (24/7/2022).

Di beberapa tempat, diakuinya, penyakit ini sering disebut penyakit busuk batang atau penyakit oli. Karena terkadang mengeluarkan cairan hitam seperti oli di bagian pangkal batang.

Penyakit busuk pangkal batang disebabkan oleh jamur Phytophthora capsici, meskipun di beberapa kasus diperparah oleh patogen lain yang berasosiasi antara lain Fusarium sp., Phytium sp.

"Terkadang Rigidoporus micropus, terutama pada lahan bekas kebun karet dan singkong atau asosiasi dari ketiganya," jelasnya.

Faktor abiotik juga sangat berperan memperparah penyakit ini. Misalnya, lahan tergenang, drainase yang buruk, serta pemupukan yang tidak tepat.

Namun demikian, Phytopthora capsici dapat diisolasi dan ditumbuhkan pada media V8-Juice agar miseliumnya berwarna putih seperti kapas.

Jika diamati dibawah mikroskop dari balik cawan petri, nampak kumpulan sporangium yang tebentuk.

"Sporangium merupakan kantung zoospora atau spora yang memiliki flagella," ungkapnya.

Tanaman lada yang terinfeksi menyebabkan akar dan batang membusuk, sehingga transportasi hara dari tanah ke seluruh bagian tanaman terganggu.

Tanaman akan mati secara mendadak biasanya dalam waktu 10 hari dan menyebabkan tanaman tumbang.

"Ini lah perlunya kita melakukan pengendalian terhadap penyakit tanaman lada. Terlebih Kaltim memiliki beberapa kawasan sentra lada sebagai komoditi ekspor," pungkas Sopian. (yans/her/adpimprovkaltim)


SUMBER : SEKRETARIAT


Artikel Terkait