(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Disbun Laksanakan Sosialisasi dan Pembinaan KTPA Kota Balikpapan

14 Juni 2023 PPID Berita Daerah 968
Disbun Laksanakan Sosialisasi dan Pembinaan KTPA Kota Balikpapan

BALIKPAPAN. Dinas Perkebunan Kaltim menggelar sosialisasi dan pembinaan  Kelompok Tani Peduli Api (KTPA) di Kelurahan Karang Joang, Balikpapan Utara pada Selasa (13/05) kemarin,  dalam rangka mendukung penurunan emisi gas rumah kaca  (GRK) di wilayah ini.

Kepala Dinas Perkebunan, Ahmad Muzakkir diwakili oleh Kepala Bidang Perkebunan Berkelanjutan, Asmirilda mengatakan melalui kegiatan sosialisasi dan pembinaan KTPA di Kota Balikpapan ini, diharapkan petani pekebun memiliki kesadaran tinggi terhadap beberapa hal, satu diantaranya tidak melakukan pembakaran saat  pembukaan lahan pertanian maupun perkebunan, sehingga dapat mengurangi pemanasan global atau emisi GRK.

“Ada tiga basis dalam upaya menurunkan emisi GRK, yakni berbasis lahan, pengolahan limbah dan berbasis asap, makanya kami melakukan pembinaan terhadap kelompok tani,”  ujar Asmirilda saat membuka Sosialisasi dan Pendampingan KTPA di Kota Balikpapan.

Menurutnya, sosialisasi ini mengacu pada amanat Permentan Nomor 05 Tahun 2018 tentang Pembukaan dan/atau Pengolahan Lahan Perkebunan Tanpa Membakar, kemudian dilanjutkan Perda Kaltim Nomor 7 Tahun 2018 tentang Pembangunan Perkebunan Berkelanjutan.

Kegiatan sosialisasi dihadiri oleh 30 orang peserta, terdiri dari KTPA Tunas Harapan, KTA Bina Tani Sejahtera Mandiri, perwakilan dari Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan (DP3) Kota Balikpapan, BPP Karang Joang dan pihak kelurahan Karang Joang. (rey/disbun)

SUMBER : SEKRETARIAT

Artikel Terkait