Disbun Kutim Juara e-Gov Perkebunan
04 Januari 2012 Admin Website Artikel 356

SAMARINDA. Dinas Perkebunan Kabupaten Kutai Timur meraih juara pertama Lomba E-Government (e-Gov) Perkebunan Award 2011 kategori Kabupaten/Kota yang diselenggarakan Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim.

Kemudian disusul Dinas Perkebunan Kabupaten Malinau juara kedua dan Dinas Pertanian dan Perkebunan Kabupaten Paser di posisi ketiga. Sedangkan untuk kategori Provinsi, juara pertama diraih oleh UPTD Pengembangan Perlindungan Tanaman Perkebunan (P2TP), juara kedua Bidang Usaha dan juara ketiga diraih oleh UPTD Pengawasan Benih Perkebunan (PBP).

"Lomba ini digelar untuk mengetahui sampai sejauh mana implementasi e-Gov di lingkungan Disbun Kaltim maupun di tingkat kabupaten/kota. Sebab, e-Gov merupakan satu bentuk reformasi birokrasi dalam menunjang pelaksanaan pemerintahan yang baik (good governance)," kata Kepala Sub Bagian Perencanaan Program Disbun Kaltim Ir H Sudihardhani.

Menurut dia, lomba tahun ini mengambil tema Pendayagunaan Website di lingkungan Dinas Perkebunan Provinsi Kaltim. Penilaian telah dimulai sejak 1 November hingga 30 Nopember 2011 lalu. Selanjutnya panitia dan dewan juri telah menelaah serta memberikan penilaian terhadap kuisioner yang diisi peserta lomba.

Peserta lomba terdiri dari Unit atau Bidang maupun UPTD lingkup Disbun Kaltim serta dinas yang membidangi perkebunan di kabupaten/kota se-Kaltim. Kriteria penilaian terdiri dari kepemimpinan dan kebijakan, sumber daya manusia, perencanaan dan implementasi perangkat teknologi informasi lembaga serta website dan layanan publik.

Selain itu, tahap awal dari pengembangan e-government yang paling mendasar yakni pengoperasian situs web (website). Sehingga untuk kategori kabupaten maupun kota, pemenangnya diutamakan yakni dinas perkebunan kabupaten/kota yang telah mempunyai website sendiri.

"Sampai saat ini, Dinas Perkebunan di tingkat kabupaten maupun kota di Kaltim yang telah mempunyai website baru lima daerah. Harapannya, pada 2013 semua dinas di daerah telah mempunyai website sehingga dapat memberikan informasi perkebunan di wilayahnya masing-masing melalui media visual," jelas Sudihardhani.

Ditambahkannya, pada 2005 lalu Disbun Kaltim berpartisipasi dalam lomba situs web bagi badan/dinas lingkup pertanian provinsi se Indonesia yang diselenggarakan Pusat Data dan Sistem Informasi Pertanian Kementerian Pertanian.

Pada ajang itu, website Disbun Kaltim berhasil meraih juara kedua. Selanjutnya, pada 2009 dan 2010 lalu website Disbun Kaltim hanya masuk dalam nominasi 10 besar. Namun, pada 2011 ini website Disbun Kaltim kembali meraih juara kedua nasional.

"Sehingga diharapkan website tingkat provinsi maupun tingkat Kabupaten/Kota dapat berpartisipasi kembali di lomba tingkat nasional pada tahun 2012 mendatang, selain bermanfaat untuk memberikan informasi yang benar dan cepat kepada masyarakat serta pelaku subsektor perkebunan di Kaltim," harap Sudihardhani. (rey)

SUMBER : SUB BAGIAN PERENCANAAN PROGRAM


Artikel Terkait