Disbun Kaltim Membina Petani Agar Lebih Kreatif Mengolah Hasil Perkebunan
26 September 2021 Admin Website Berita Daerah 47
Disbun Kaltim Membina Petani Agar Lebih Kreatif Mengolah Hasil Perkebunan

SAMARINDA. Untuk mengenalkan kepada masyarakat tentang hasil pembangunan di sektor perkebunan dan produk-produk hasil olahan perkebunan yang ada di Kaltim, baik dari pengembangan luas areal maupun hasil produksinya.Dinas Perkebunan Provinsi Kalimantan Timur berpartisipasi dalam penyelenggaraan Kaltim Expo 2021 dengan menampilkan secara jelas profil dan keberhasilan pelaksanaan program-program prioritas sektor perkebunan, sekaligus sebagai wahana promosi potensi usaha perkebunan di Kaltim.

Dalam kegiatan tersebut Dinas Perkebunan Kaltim melalui Kepala Seksi Promosi dan Pemasaran, Marinda Asih Ramadhaniah, S.Si.M.Ec.Dev, menjelaskan salah satu programnya juga melakukan pembinaan kepada petani perkebunan dengan cara mendata dengan SK calon petani yang kemudian mendapat bantuan berupa perluasan lahan, pemberian bibit, dan pembinaan petani yang memiliki peluang menghasilkan untuk memberikan arahan bagaimana cara panen yang benar , cara pengolahan hasil perkebunan yang baik, sampai dengan pemasaran produk hasil perkebunan.

Ketika ditemui RRI disela sela kegiatan Kaltim Expo, Kepala Seksi Promosi dan Pemasaran, Marinda Asih Ramadhaniah, S.Si.M.Ec.Dev, juga menambahkan ingin mengubah mindset petani agar lebih kreatif mengolah hasil pertanian agar nilai jual hasil perkebunan bisa lebih tinggi. Winda sapaan akrabnya mengatakan akan melakukan upaya seperti colabs dengan Disperindagkop untuk segi kemasan dan merk.

“Harapannya mereka jadi makin termotivasi untuk mengolah komoditas perkebunan menjadi bahan siap pakai untuk Meningkatkan nilai tambah produk mereka yang tentunya memiliki harga jual lebih tinggi dan pada akhirnya meningkatkan perekonomian mereka, Paling tidak produk kaltim bisa berjaya di daerah kita sendiri. Setidaknya bisa menguasai pasar lokal”. Pungkasnya.

SUMBER : SEKRETARIAT


Artikel Terkait