(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Disbun Kaltim Galakkan Program Gratieks

28 Februari 2020 Admin Website Berita Daerah 2780
Disbun Kaltim Galakkan Program Gratieks

SAMARINDA. Gerakan Tiga Kali Lipat Ekspor (Gratieks) merupakan gerakan peningkatan ekspor untuk menyatukan kekuatan seluruh pemegang kepentingan pembangunan pertanian dari hulu sampai hilir.

"Gerakan ini diharapkan mampu meningkatkan ekspor komoditas perkebunan," kata Kepala Dinas Perkebunan Kaltim Ujang Rachmad dalam Rakor dan Sinkronisasi Pembangunan Perkebunan Kaltim 2020 di Samarinda, Selasa (25/2/2020).

Selain itu, Gerakan tiga kali ekspor ini mampu mempercepat laju ekspor komoditas perkebunan menuju ekosistem pertanian yang modern.

Dimana pola ini didalamnya sudah menggunakan dan memanfaatkan teknologi, inovasi, digitalisasi, riset dan  jejaring dengan melibatkan para milenial muda serta kerjasama yang kuat dengan semua pihak.

Terkait dengan Gratieks, sesuai keinginan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo menargetkan ekspor untuk sejumlah komoditas perkebunan tumbuh tiga kali lipat dalam lima tahun ke depan, seperti kopi, kelapa, lada, pala dan vanili.

"Kaltim menjadi salah satu daerah penghasil lada. Tentu program nasional ini bisa memotivasi petani pekebun lada kita di daerah. Khususnya berupaya meningkatkan produksi dan produktifitas lada mereka," harap Ujang.

Disebutkannya, komositas unggul perkebunan Benua Etam ada lima, yakni kelapa, kopi, kakao, lada dan kelapa sawit.

"Kita dorong peningkatan produksi komoditas unggul perkebunan, selain kelapa sawit yang sangat mendominasi subsektor perkebunan," ungkapnya.(yans/her/humasprovkaltim)

SUMBER : SEKRETARIAT

Artikel Terkait