(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Disbun Intensif Laksanakan Bimtek Pengendalian Kebakaran Perkebunan

05 Agustus 2019 Admin Website Berita Daerah 2253
Disbun Intensif Laksanakan Bimtek Pengendalian Kebakaran Perkebunan

SAMARINDA. Guna pencegahan dan penanggulangan kebakaran di areal perkebunan, Dinas Perkebunan Kaltim secara intensif melaksanakan Bimbingan Teknis Pengendalian Kebakaran Perkebunan selama tiga hari, 31 Juli sd 2 Agustus 2019 lalu di Balikpapan.

Kepala Dinas Perkebunan Kaltim, Ujang Rachmad, mengatakan kebakaran di areal kebun hampir terjadi setiap tahunnya. Masalah kebakaran lahan dan kebun merupakan hal yang wajib dicegah, supaya tidak terjadi emisi gas rumah kaca yang berdampak terhadap penurunan daya dukung lahan.

"Ekstensifikasi kawasan/lahan (pembukaan baru) yang tidak mengikuti anjuran program pembukaan lahan tanpa bakar menjadi salah satu penyebab kebakaran lahan yang berdampak negatif pada beberapa aspek, baik ekonomi, sosial, ekologis maupun politis," ungkap Ujang.

Melalui pelatihan ini, peserta diberikan pengarahan tentang pemahaman teknis dan tatacara penggunaan peralatan pemadam kebakaran yang kemudian dilanjutkan praktik lapangan di areal PT. Bumi Liputan Pusaka, Kompleks Balikpapan Baru dan diikuti sebanyak 30 orang peserta dari Dinas Perkebunan Kabupaten/Kota , dan Kelompok Tani Peduli Api (KTPA) Maju Bersama Sejahtera dari Desa Sungai Merdeka Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara.

Adapun narasumber yang hadir berasal dari Manggala Agni DaOP Paser dan tim fasilitator Dinas Perkebunan Kaltim.

"Dengan adanya pelatihan ini, maka tersedia petugas pengendalian kebakaran lahan dan kebun yang mampu memberikan petunjuk dan pembinaan kepada perusahaan perkebunan dan masyarakat dalam melakukan pembukaan lahan tanpa bakar maupun pengendalian jika memang terjadi kebakaran lahan dan kebun. Selain itu, juga tersedia petugas yang mampu mendeteksi adanya hotspot (titik api) yang timbul dengan menggunakan satelit," harap Ujang. (rey/disbun)

SUMBER : SEKRETARIAT

Artikel Terkait