(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Disbun Gelar Sosialisasi Teknis dan Administrasi PSDM PKS

15 Agustus 2022 Admin Website Berita Daerah 1756
Disbun Gelar Sosialisasi Teknis dan Administrasi PSDM PKS

BALIKPAPAN. Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim menggelar Sosialisasi Teknis dan Administrasi Pengembangan Sumber Daya Manusia Perkebunan Kelapa Sawit (PSDM-PKS) di Hotel Grand Tjokro Balikpapan, Jumat (12/8/2022).

Kepala Disbun Kaltim Ujang Rachmad menegaskan dalam menghasikan SDM yang baik perlu pelatihan dan pendidikan agar kualitasnya terus berkembang serta meningkat sesuai kebutuhan industri kelapa sawit.

Selain itu, pelatihan juga diperlukan guna meningkatkan kualitas pekebun/kelembagaan pekebun, sehingga terjadi pemerataan dan peningkatan SDM pekebun maupun lembaga pekebun.

"Pelatihan pekebun/lembaga pekebun diharapkan ada transfer skill dan pengetahuan ke daerahnya masing-masing yang berdampak perbaikan pengembangan kelapa sawit," kata Ujang Rachmad.
 
Ujang mengakui program pengembangan SDM perkebunan kelapa sawit melalui pendidikan dan pelatihan menjadi investasi utama, sehingga perkebunan kelapa sawit tetap menjadi sub sektor perkebunan yang menjanjikan di masa mendatang.

Saat ini lanjutnya, pemerintah mempunyai kebijakan Peremajaan Sawit Rakyat (PSR), pengembangan SDM, sarana dan prasarana, perbaikan tata kelola, kelembagaan dan pemberdayaan, pendanaan, ISPO, dan energi terbarukan.

Kebijakan itu menurut Ujang, tidak lain untuk menjawab tantangan yang dihadapi terkait produktivitas, hilirisasi, terindikasi kawasan hutan dan KHG, legalitas dan perizinan, gangguan usaha dan konflik, akses pasar, negative campaign dan energi.
 
Karenanya, bagi Ujang, SDM mempunyai peran penting dan strategis dalam sistem produksi kelapa sawit.

Pengembangan SDM ini ujarnya, tidak hanya untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja, tetapi harus mampu menghadapi tantangan dan berperan aktif dalam menciptakan sistem industri kelapa sawit yang berkelanjutan.

"Semua program itu untuk kepentingan sektor perkelapa sawitan Kaltim, bahkan Indonesia agar semakin kuat dan sehat," ungkapnya.

Narasumber Direktorat Perlindungan Perkebunan Kementerian Pertanian Herly Kurniawan, Ketua Fasda Kaltim Edy Rosman, Kepala Dinas Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Balikpapan, serta Kepala Dinas Perkebunan dan Peternakan Kabupaten Paser. (yans/her/adpimprovkaltim)

SUMBER : SEKRETARIAT

Artikel Terkait