Disbun Gelar SL-PHT Lada Lanjutan di PPU
25 April 2011 Admin Website Artikel 293
SAMARINDA. Setelah membuka Sekolah Lapangan Pengendalian Hama Terpadu (SL-PHT) untuk petani lada di Kecamatan Loa Janan, Kutai Kartanegara, Dinas Perkebunan Kaltim kembali menggelar pelatihan serupa di Kecamatan Semoi Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, yang dibuka Kamis (20/04) kemarin.

"Bila di Loa Janan kemarin merupakan SL-PHT untuk petani lada murni, di Sepaku ini merupakan SL-PHT lanjutan sehingga pelaksanaannya pun hanya selama 2 bulan kedepan", ungkap Ir. Bambang F Fallah, selaku Kepala Bidang Perlindungan Dinas Perkebunan Kaltim saat membuka pelatihan ini.

SL-PHT, lanjutnya, lebih difokuskan pada cara-cara atau upaya pengendalian hama dan penyakit. Disadari, penurunan produksi lada selama ini lebih diakibatkan karena adanya gangguan organisme pengganggu. hingga kini masih menghantui petani. Upaya pengendalian hama tersebut sangat sulit.

Namun begitu, melalui SL-PHT, sedikit banyaknya akan menolong petani dalam mengelola kebun ke arah yang lebih intensif lagi. Dengan demikian, hasil yang diperoleh pun meningkat dibandingkan dengan sebelum mengikuti pelatihan ini.

SUMBER : SUB BAGIAN PERENCANAAN PROGRAM

Artikel Terkait