Disbun Gelar Pertemuan Koordinasi Pengendalian Kebakaran Lahan Perkebunan
24 November 2021 Admin Website Berita Daerah 28
Disbun Gelar Pertemuan Koordinasi Pengendalian Kebakaran Lahan Perkebunan

SAMARINDA. Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim menyelenggarakan Pertemuan Koordinasi Pengendalian Kebakaran Lahan Perkebunan yang dilaksanakan di Hotel Horison, Samarinda 23 November 2021.

Mewakili Kepala Dinas Perkebunan Kaltim, kegiatan dibuka Kepala Bidang Perkebunan Berkelanjutan Asmirilda dengan menghadirkan narasumber, Kasi Pengendalian Kebakaran Hutan Dinas Kehutanan Provinsi Kaltim Doni Fahroni dan Badan Meteorologi Klimatologi Geofisika oleh Kepala Stasiun Meteorologi Temindung Kota Samarinda Riza Arian Noor.

Asmirilda mengatakan salah satu persoalan yang dihadapi perbedaan sudut pandang regulasi.

"Karena satu sisi bencana (kebakaran) tidak memandang waktu dan wilayah. Kapan saja dapat terjadi, tetapi 90 persennya berasal dari ulah manusia yang harus kita sadari sepenuhnya," ungkap Asmirilda.

Karena itu, Disbun terus mendorong kabupaten dan kota, juga pihak swasta (perusahaan) bersinergi memberdayakan masyarakat sekitar dalam pencegahan kebakaran lahan dan kebun (Karlabun).

Disebutkannya, selama ini dalam upaya pencegahan Karlabun pemerintah telah membentuk brigade (Satgas) Karlabun terdiri petani pekebun dan masyarakat setempat.

Agar lebih optimal, Asmirilda, meminta Satgas Karlabun membangun koordinasi dan sinergi dengan berbagai pihak, instansi terkait dan perusahaan.

"Harapan kami dalam kegiatan koordinasi Brigade/Satgas Karlabun ini, kedepannya dapat berkoordinasi dan berintergrasi agar ditingkatkan lagi dengan teman-teman Disbun dan Kehutanan, juga OPD lainnya," harap Asmirilda. (yans/sdn/adpimprovkaltim)

SUMBER : SEKRETARIAT


Artikel Terkait
Layanan Perkebunan Online
Info Permohonan Informasi
Layanan Pengaduan
Statistik
Online 1
Pengunjung Hari Ini 1264
Halaman Dikunjungi Hari Ini 3202
Total Pengunjung 107227
Total Halaman Dikunjungi 505418
Government Public Relation