(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Disbun Gelar Pelatihan Pengolahan Nata de Coco

19 April 2016 Admin Website Berita Kedinasan 3304
Disbun Gelar Pelatihan Pengolahan Nata de Coco

SAMARINDA. Baru – baru ini, Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim melalui Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) Teknologi Terapan Perkebunan (T2P) menggelar Pelatihan Pengolahan Nata de coco di Kabupaten Paser.

"Kelapa merupakan komoditi unggulan perkebunan memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi bahkan apabila dikelola dengan baik mampu menghasilkan berbagai produk olahan rumahan,"  kata Kepala Disbun yang diwakili Kepala UPTD T2P, Hj. Siti Rahmi.

Menurut dia, selama ini masyarakat masih menggunakan dan memanfaatkan kelapa hanya untuk kebutuhan kegiatan rumah tangga ataupun keperluan usaha saja. Padahal, apabila diolah sesuai dengan teknologi, maka akan mampu menghasilkan berbagai produk industri, contohnya nata de coco.

Guna meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani kelapa di Desa Maruat, Kec. Long Kali, Kabupaten Paser,  agar petani kelapa mampu mengolah air kelapa menjadi nata de coco dalam upaya meningkatkan nilai ekonomi komoditas tersebut maka perlu dilakukan pelatihan.

"Pelatihan ini sebagai upaya memberikan tambahan pengetahuan dan keterampilan bagi petani di Desa Maruat, sekaligus untuk menjadikan keahliannya dalam upaya meningkatkan pendapatan dalam keluarga dan masyarakat," ujar Siti Rahmi.

Minimal lanjutnya, para petani akan memiliki kemampuan dalam mengolah hasil perkebunan khususnya kelapa untuk usaha industry rumahan atau UKM. Sehingga akan mampu meningkatkan penghasilannya yang berimbas pada kesejahteraannya. (rey/disbun)

SUMBER : UPTD TEKNOLOGI TERAPAN PERKEBUNAN 

Artikel Terkait