(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Disbun Gelar Bimtek Petugas Register Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar

20 April 2021 Admin Website Berita Daerah 2396
Disbun Gelar Bimtek Petugas Register Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar

BALIKPAPAN.Terhitung puluhan petugas register Unit Pengolahan dan Pemasaran Bokar (UPPB) mengikuti bimbingan teknis selama tiga hari (20-22 April 2021) di Kota Balikpapan.

Kegiatan Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim melalui Bidang Pengolahan dan Pemasaran, menghadirkan narasumber Dirjen Perkebunan Kementerian Pertanian, dihadiri Kepala Dinas Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Balikpapan.

Kepala Disbun Kaltim Ujang Rachmad mengatakan produksi karet Kaltim sekitar 73.091 ton dan berpotensi besar menjadi produsen utama dalam dekade mendatang.

Hal ini menurut dia, dimungkinkan karena Benua Etam mempunyai potensi  sumberdaya alam yang sangat memadai untuk meningkatkan produksi dan produktivitas.  

"Namun, kualitas produksi karet kita masih belum memenuhi standar mutu karet yang baik," ungkap Ujang Rachmad saat membuka Bimtek di Balikpapan, Selasa 20 April 2021.

Padahal lanjutnya, untuk mendapat peluang pasar dari produsen /pelaku usaha produk karet, diperlukan perbaikan mutu bahan olahan karet (BOKAR).

Maka perlu dilakukan meningkatkan mutu Bokar, melalui pengawasan terhadap mutu Bokar di kelompok tani, Gapoktan atau pun UPPB. 

Ujang berharap kegiatan Bimtek petugas register maka didapatkan sumber daya manusia (petugas) yang memiliki komptensi dalam pembinaan dan pendampingan kelompok UPPB di Kaltim.

"Peningkatan mutu Bokar, maka terjadi peningkatan nilai jual berujung pada kesejahteraan petani," ujarnya.(yans/sdn/humasprovkaltim)

SUMBER : SEKRETARIAT

Artikel Terkait