Disbun Fokus Perluasan Kakao 100 Hektar di Kutai Timur
05 Agustus 2020 Admin Website Berita Daerah 83
Disbun Fokus Perluasan Kakao 100 Hektar di Kutai Timur

SAMARINDA. Dinas Perkebunan Kaltim memperoleh dukungan dana dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) Satker 05 Direktorat Jenderal Perkebunan, Kementerian Pertanian tahun 2020 sebesar Rp. 1,42 miliar melalui kegiatan perluasan komoditi kakao seluas 100 hektar di Kabupaten Kutai Timur.

“Kami telah mengalokasikan anggaran melalui kegiatan perluasan kakao seluas 100 hektar berupa bantuan yang terdiri dari 100 ribu batang bibit kakao kepada 5 kelompok tani di kecamatan Kaubun, Kutai Timur”, ungkap Kepala Dinas Perkebunan, Ujang Rachmad, Selasa (04/08) kemarin.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk menunjang permbangunan perkebunan berkelanjutan di Kaltim. Tidak hanya fokus kepada pengembangan komoditas unggulan kelapa sawit, namun juga mengembangkan komoditi  unggulan lainnya seperti kakao.

Selain itu, Ujang menambahkan, dalam upaya mendorong peningkatan kualitas produksi perkebunan, juga dialokasikan bantuan pupuk NPK. “Sebanyak 200 ribu kilogram pupuk NPK untuk perluasan areal kakao ini. Adapun besarnya paket bantuan yang diterima petani untuk setiap hektarnya sejumlah 200 kilogram”, imbuh Ujang lagi. (rey/disbun)

SUMBER : SEKRETARIAT


Artikel Terkait