(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Disbun Ekstensifikasi Lahan Karet Seluas 20 Ha

17 April 2017 Admin Website Berita Kedinasan 2599
Disbun Ekstensifikasi Lahan Karet Seluas 20 Ha

SAMARINDA. Guna menunjang pembangunan perkebunan berkelanjutan di Kaltim, Dinas Perkebunan (Disbun) kembali melakukan kegiatan ekstensifikasi atau penanaman baru komoditi karet seluas 20 Ha.

Kepala Disbun Kaltim, Ujang Rachmad mengatakan dalam upaya menunjang pembangunan perkebunan berkelanjutan tahun 2017, tidak hanya mengembangkan komoditi unggulan kelapa sawit saja, tetapi juga dengan mengembangkan komoditi unggulan lainnya, seperti karet.

"Kegiatan ekstensifikasi perkebunan karet seluas 20 Ha, rencananya akan dilaksanakan di desa Margahayu, kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara," papar Ujang, saat ditemui Senin (17/04).

Sementara itu, Kepala Bidang Pengembangan Komoditi, Bambang Fajrul Fallah menambahkan, pihaknya telah melaksanakan sosialisasi di wilayah ekstensifikasi perkebunan tersebut Rabu (13/04) kemarin.

Tujuan dari kegiatan sosialisasi ini, lanjutnya, adalah untuk pemberdayaan masyarakat petani dan lahan yang berpotensi serta untuk memelihara komoditi spesifik lokal yang sebelumnya sudah ada agar dipertahankan keberadaannya, dipelihara dan ditingkatkan produktivitasnya.

Sekaligus melakukan sosialisasi calon petani dan calon lahan (CP/CP) untuk bantuan bibit dan saprodi kepada petani peserta kegiatan ekstensifikasi tersebut. Selain itu, diharapkan mampu menambah dan memperluas lapangan kerja bagi petani pekebun karet. (rey/disbun)

SUMBER : BIDANG PENGEMBANGAN KOMODITI

Artikel Terkait