Daya Lestari Salurkan 1,6 Juta KWh Listrik di Talisayan
24 September 2014 Admin Website Berita Daerah 367
Daya Lestari Salurkan 1,6 Juta KWh Listrik di Talisayan
TANJUNG REDEB. PT Daya Lestari, salah satu perusahaan yang masuk dalam Teladan Prima Group, sejak 2013 menyalurkan listrik dari pabrik Crude Palm oil (CPO) melalui kerja sama dengan PLN sudah mencapai 1.650.000 kWh.  Pasokan tersebut berasal dari listrik sisa pabrik yang disalurkan ke Talisayan dan Biatan dengan daya sekitar 200-450 kW
 
Selain kerja sama dengan PLN di Tanjung Redeb, Daya Lestari juga membangun kerja sama dengan PLN di Kutai Timur, yakni di Kecamatan Muara Bengkal dan Kecamatan Karangan. Perjanjian dengan PLN sudah dilakukan, antara manajemen perusahaan dengan PLN yang baru akan direalisasikan pada awal tahun 2015. "Konsepnya juga sama yang diterapkan antara yang ada di Berau dan Kutim," kata Haji Gunung, CEO Teladan Prima Group.
 
Untuk sistem kelistrikan, menurut Haji Gunung, dilakukan langsung oleh PLN yang membangun jaringan 20 kV yang dikontrol langsung oleh Cubicle PLTD Talisayan. Dengan begitu, pasokan listrik akan semakin memperluas desa di Talisayan yang bisa menikmati listrik. Terutama desa yang sebelumnya belum teraliri listrik.
 
Dalam perjalanannya nanti, perusahaan juga akan meningkatkan produksi seiring dengan tingginya permintaan akan listrik. "Tahun 2016, kami akan tingkatkan dayanya menjadi 500 hingga 700 kW serta didukung dengan pembangunan pembangkit listrik Biogas kapasitas 3 MW hingga 7 MW dengtan sistem Independen Power Producer (IPP)," tambahnya.
 
Penambahan tersebut akan mempercepat jangkauan layanan. Kalau awalnya hanya melayani kampung di Talisayan dan Biatan, setelah IPP beroperasi akan ditingkatkan melayani 5 kecamatan di wilayah pesisir. Tahun 2015, baik di Kabupaten Berau maupun Kutai Timur sudah akan berfungsi maksimal.
 
Bupati Berau Makmur HAPK merasa bersyukur dengan upaya yang dilakukan Teladan prima Group dalam menyokong listrik bagi masyarakat yang bekerja sama dengan PLN. Sekarang, masyarakat di Talisayan dan Biatan, telah menikmati listrik selama 24 jam. "Kami mendukung penuh, upaya pengembangan yang dilakukan perusahaan yang bergerak di sektor perkebunan kelapa sawit," imbuhnya.
 
Dalam kunjungan ke Kaltim, Menko Perekonomian Chairul Tanjung juga telah menandatangani prasasti pembangkit listrik Biomas Sawit kerja sama antara PT daya Lestari dengan PLN. Penandatanganan yang berlangsung di Maloy, Kutai Timur juga disaksikan Gubernur kaltim Awang Faroek Ishak. (hms6/one/k14)

SUMBER : KALTIM POST, SELASA, 23 SEPTEMBER 2014

Artikel Terkait