Bupati : Perusahaan Harus Berikan Kesejahteraan Bagi Masyarakat
10 Januari 2011 Admin Website Artikel 348
TENGGARONG - Perkebunan kelapa sawit di Kabupaten Kutai Kartanegara kini semakin luas. Bahkan terlihat sepanjang jalan di wilayah hulu mahakam seperti halnya di Desa Menamang Kanan dan Menamang Kiri di Kecamatan Muara Kaman ribuan plasma inti perkebunan sawit kini sudah mulai berkembang. Keberadaan perusahaan perkebunan kelapa sawit di daerah tersebut diharapkan akan dapat mengurangi pengangguran, kemiskinan serta dapat meningkatkan taraf ekonomi masyarakat lebih maju dan sejahtera.
Hal tersebut dikatakan Bupati Kukar Rita Widyasari saat melakukan penanaman perdana kebun inti kelapa sawit di Desa Menamang meliputi dua desa yakni Menamang Kanan dan Menamang Kiri di Kecamatan Muara Kaman, Sabtu (8/1) siang lalu.

Rombongan Bupati Rita Widyasari, didampingi Ketua DPRD H Salehudin, Dandim 0906/TGR Letkol Inf Robert Giri, Kapolres Kukar  tiba di Desa Menamang menggunakan helikopter, dan langsung disambut oleh masyarakat setempat. Turut hadir dalam penanaman tersebut para SKPD Pemkab Kukar. Bupati Rita Widyasari usai melakukan penanaman perdana kebun inti kelapa sawit mengungkapkan rasa bangganya dapat langsung mengunjungi Desa Menamang Kanan dan Menamang Kiri.
 
"Saya bangga sekali baru pertamakalinya hadir di desa ini. Saya melihat disini ada kehidupan yang luar biasa dengan hadirnya perusahaan PT Hamparan Sentosa  yang bergerak dalam perkebunan kelapa sawit," kata Rita disambut tepuk tangan.
 
Dengan hadirnya perusahaan ini, lanjutnya, ia berharap nantinya akan banyak memberikan manfaat kepada masyarakat setempat, yakni memberikan kesejahteraan, mengurangi pengangguran yang pada saatnya nanti semuanya akan sejahtera. Menurut Rita menjelaskan bahwa, dalam program Gerbang Raja melalui visi dan misinya diantaranya yakni sejahtera adalah masyarakat secara menyeluruh dapat terpenuhi hak-hak dasarnya di bidang sosial, ekonomi dan budaya terutama pangan, sandang dan papan secara merata.
 
Serta memiliki rasa aman dan kepercayaan yang tinggi kepada pemerintah sehingga menikmati kehidupan yang lebih bermutu dan maju, serta memiliki pilihan yang luas dalam seluruh kehidupannya. Menetapkan penyelenggaraan pembangunan berwawasan lingkungan dan pelestarian sumberdaya alam.  "Saya sangat berharap kepada perusahaan lainnya, tidak hanya PT Hamparan Sentosa dapat mendukung program pemerintah melalui program Gerbang Raja, dapat menyedot tenaga kerja dengan melibatkan masyarakat setempat sehingga ekonomi kerakyatan akan semakin meningkat dan sejahtera," ujarnya.
 
Khusus kepada PT Hamparan Sentosa, Bupati berharap mampu memberikan kesejahteraan masyarakat di dua desa yakni Menamang Kanan dan Menamang Kiri,  "Saya juga bangga mendengar bahwa tenaga kerjanya melibatkan masyarakat, dan hal ini tentunya merupakan hal yang sangat luar biasa untuk mengurangi pengangguran dan kemiskinan. Dua hingga tiga tahun kedepan ekonomi masyarakat akan semakin meningkat," jelas Rita.
 
Bupati mengajak kepada seluruh masyarakat agar bersama-sama mendukung keberadaan perusahaan tersebut, namun juga ditambahkannya dia, dalam visi programnya pada poin ke-6 yakni menetapkan penyelenggaraan pembangunan berwawasan lingkungan dan pelestarian sumberdaya alam. "Artinya kami ingin semua perusahaan dapat memperhatikan kelestarian lingkungan.
 
DIKUTIP DARI KALTIM POST, SENIN, 10 JANUARI 2011

Artikel Terkait