(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Bentuk Petani Kakao yang Handal

04 Juli 2012 Admin Website Artikel 2302
SAMARINDA.Dalam upaya memberikan pengetahuan praktis kepada petani Kakao, maka DinasPerkebunan (Disbun) Kaltim melalui Bidang Perlindungan kembali melaksanakanSekolah Lapang Pengendalian Hama Terpadu (SL-PHT) untuk petani kakao murni diKecamatan Sebatik, Kabupaten Nunukan.

"Pelatihan ini bertujuan untuk membentukpetani-petani Kakao yang andal serta memiliki kemampuan dan penguasaanpengetahuan lebih mengenai teknik dan tatacara mulai dari pemilihan bibt kakaoyang unggul, pengolahan tanah, perawatan tanaman dan buah, pemangkasan maupunpenyemprotan hama," ujar Kepala Bidang Perlindungan Disbun Kaltim Yus AlwiRahman.

Selain itu, Sekolah Lapang PHT ini lebih difokuskan pada cara-cara atau upayapengendalian hama dan penyakit. Disadari, penurunan produksi kakap selama inidiakibatkan adanya gangguan organisme pengganggu sedangkan upaya pengendalianhama sangat sulit.

Namun begitu, melalui SL-PHT diharapkan sedikit banyaknya akan membantu petanidalam mengelola kebun ke arah yang lebih intensif lagi. Dengan demikian, hasilyang diperoleh pun meningkat dibandingkan dengan sebelum mengikuti pelatihanini.

"Banyak keuntungan yang bisa didapat dari mengikuti program ini, sehinggadiharapkan agar Dishutbun Nunukan turut mempertahankan program ini bahkandiperluas dan ditingkatkan. Karena begitu besar manfaatnya, terutama untukmencapai kesejahteraan petani," harap Yus Alwi.

Sekolah Lapang Pengendali Hama Terpadu dilaksakanan selama lima bulan ataukurang lebih 20 kali pertemuan dan diikuti 100 orang petani  terdiri dari kelas Sei Nyamuk, kelas Sei LimauI dan II serta kelas Maspul di kecamatan Sebatik, Kabupaten Nunukan. (rey)
 
SUMBER : BIDANG PERLINDUNGAN 

Artikel Terkait