Bea Keluar Biji Kakao Bulan Juli Tetap 10%
30 Juni 2014 Admin Website Berita Nasional 344
Bea Keluar Biji Kakao Bulan Juli Tetap 10%
JAKARTA. Kementerian Perdagangan (Kemendag) telah menetapkan HPE (Harga Patokan Ekspor) biji kakao untuk bulan Juli mengalami kenaikan sebesar US$ 132 per meterik ton (MT) atau 5% dari bulan Juni sebesar US$ 2.634 per MT, menjadi US$ 2.766 per MT.

Kenaikan HPE biji kakao tersebut disebabkan, harga referensi biji kakao untuk penetapan HPE mengalami kenaikan sebesar US$ 135,22 per meterik ton (MT) atau 4,6% dari US$ 2.932,41 per MT pada bulan Juni menjadi US$ 3.067,63 per MT di bulan Juli.

Meski terjadi peningkatan HPE, namun Bea Keluar (BK) biji kakao untuk bulan Juli ditetapkan sebesar 10% atau tidak ada perubahan dibandingkan bulan sebelumnya.

"Penetapan HPE periode Juli 2014 tersebut dilakukan setelah memperhatikan rekomendasi dan hasil rapat koordinasi dengan instansi-instansi teknis terkait, khususnya dalam menyikapi perkembangan harga komoditas baik nasional maupun internasional," kata Bachrul Chairi, Dirjen Perdagangan Luar Negeri akhir pekan lalu.

Dalam Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 30/M-DAG/PER/6/2014 tentang Penetapan HPE atas Produk Pertanian dan Kehutanan yang Dikenakan Bea Keluar. Produk pertanian dan kehutanan yang dikenakan Bea Keluar (BK) adalah produk CPO, biji kakao, kayu, dan kulit.

SUMBER : http://industri.kontan.co.id/news/bea-keluar-biji-kakao-bulan-juli-tetap-10/?utm_source=twitterfeed&utm_medium=twitter

Artikel Terkait