(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

Awang : Manfaatkan Potensi Lahan Secara Optimal

02 Maret 2017 Admin Website Berita Daerah 2743
Awang : Manfaatkan Potensi Lahan Secara Optimal

SAMARINDA. Kalimantan Timur memiliki potensi lahan untuk usaha pertanian seluas 2.468.328 hektar yang terdiri dari potensi lahan kering seluas 1.846.328 ha dan lahan basah sekitar 622.000 ha. Potensi lahan tersebut dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk mendukung program nasional guna mencapai kemandirian dan swasembada pangan.

Karenanya, Gubernur Kaltim Dr H Awang Faroek Ishak menginstruksikan seluruh instansi terkait di sektor pertanian memanfaatkan potensi lahan secara optimal.

Hal itu ditegaskan gubernur pada Rapat Koordinasi (Rakor) Pangan se-Kaltim Tahun 2017 di Gedung Serbaguna Olah Bebaya Komplek Lamin Etam, Selasa (28/2) kemarin.

"Lahan yang kita miliki harus dioptimalkan pemanfaatannya untuk mendukung terwujudnya  swasembada pangan. Demikian lahan terlantar maupun eks lahan tambang dan kegiatan usaha lainnya," katanya.

Apalagi lanjutnya, Kaltim merupakan salah satu provinsi yang ditunjuk menyukseskan pencapaian ketahanan dan kemandirian pangan nasional.

Kinerja seluruh subsektor harus dioptimalkan baik peternakan,perikanan dan pertanian tanaman pangan maupun perkebunan.

Namun ujarnya, program ini tidak akan berhasil tanpa adanya koordinasi yang baik lintas sektor dan lintas daerah yang harus didukung penuh kepala daerah baik bupati maupun walikota.

"Bupati dan walikota tidak perlu takut untuk melakukan diskresi terhadap lahan-lahan potensial yang perlu dikelola untuk menyukseskan swasembada pangan," tegas Awang.

Selain itu, program integrasi perlu digalakkan dalam suatu kawasan dengan beberapa kegiatan usaha pertanian.

Misalnya, integrasi peternakan sapi di lahan kebun sawit ataupun eks lahan tambang termasuk integrasi tanaman jagung di perkebunan kelapa sawit.

"Koordinasi ini mudah diucapkan tetapi sangat sulit dilaksanakan. Saya perlu komitmen kuat dari seluruh pemangku kepentingan terlebih para kepala daerah untuk bersama-sama menyukseskan swasembada beras ataupun pangan di daerah," harap Awang Faroek Ishak.

Rakor bertemakan Sinergitas Pembangunan Pertanian dan Perikanan untuk Mewujudkan Peningkatan Produksi dan Mutu Komoditas Pangan yang Berdaya Saing Tinggi guna Memacu Ekspor dihadiri bupati dan walikota serta Komandan Kodim se-Kaltim.

Tampak hadir Wakil Gubernur Kaltim HM Mukmin Faisyal HP dan Sekretaris Provinsi Dr H Rusmadi serta Danrem 091 ASN Brigjen TNI Makmur Umar dan pejabat di lingkup Kementerian Pertanian.

Dalam kesempatan itu dilakukan penandatanganan kontrak kerja perwujudan target produksi padi, jagung, kedelai, ternak dan perkebunan serta perikanan. Juga, diberikan penghargaan bagi nelayan dan sekolah dengan kegiatan gemar ikan.(yans/adv)

SUMBER : SEKRETARIAT

Artikel Terkait