(0541)736852    (0541)748382    disbun@kaltimprov.go.id

60 Perusahaan Dukung Pustekinfo

30 Desember 2008 Admin Website Artikel 1395
#img1# "Sekarang tercatat sebanyak 60 perusahaan perkebunan menyatakan siap berinvestasi di Kutim. Sedangkan yang telah melakukan kegiatan, jumlahnya sudah mencapai sekitar 15 perusahaan. Semua perusahaan itu tersebar hampir di 18 kecamatan. Perusahaan perkebunan kelapa sawit lainnya akan menyusul melakukan kegiatan usahanya," kata Akhmadi.

Puluhan perusahaan itu menurut Kadis Perkebunan, tentunya sangat membutuhkan adanya bibit kelapa sawit unggul. Oleh karena itu, pemerintah Kabupaten Kutim telah menempuh langkah tepat dalam upaya mendukung kelancaran penyediaan bibit sawit unggul kedepan, yakni membangun jalinan kerja sama penyediaan bibit kelapa sawit dengan Pusat Penelitian Kelapa Sawit (PPKS) Medan. Dari kerja sama itu akan dibangun Pustekinfo (Pusat Teknologi dan Informasi)

Pustekinfo tersebut telah dimulai pembangunannya beberapa waktu lalu di desa Tepian Langsat, Kecamatan Bengalon. Tepatnya di Hambur Batu Km 135 Trans Kalimatan poros Sengata-Berau. Kehadiran PPKS Medan di Kutim merupakan suatu penantian yang terbilang cukup lama, karena direncanakan sejak 2002 silam.

"PPKS Medan sudah menyatakan komitmen dan berencana untuk siap membangun pusat pembibitan kelapa sawit unggul untuk menopang program Gerakan Daerah Pengembangan Agribisnis atau Gerdabangagri," lanjutnya.

Diyakini dalam waktu 7 hingga 8 tahun ke depan PPKS Medan di Kutim sudah mampu menghasilkan benih unggul. Pada saat peresmian beberapa waktu lalu, sudah 15 perusahaan perkebunan kelapa sawit yang melakukan kegiatan usahanya di Kutim mendukung keberadaan PPKS.

Perusahaan dimaksud adalah Yaitu, PT Sinar Mas Group, PT Swakarsa Sinarsentosa Group, PT Astra Group, PT Gunta Samba Group. Berikut PT Hamparan Perkasa Mandiri, PT Hanusentra Agro Lestari, PT Sinergy Agro Lestari, PT Comexindo Kaltim Sawit dan Comexinda Internasional. Kemudian PT Agricinal, PT Agroindo Group, PT Cipta Davia Mandiri, PT Telen Group, PT Kapas, dan PT Kutai Timur Investama.

"Semua perusahaan sawit ini menyatakan dukungan nyata dengan dibangunnya Pustekinfo kelapa sawit di Desa Tepian Langsat. Perusahan kelapa sawit di Kutim ini menyambut gembira dengan dibangunnya Pustekinfo. Hal ini membuktikan bahwa kelapa sawit akan menjadi andalan masa depan daerah," tegas Akhmadi.

DIKUTIP DARI KALTIM POST, SELASA, 30 DESEMBER 2008

Artikel Terkait