37 Pabrik Sawit di Kaltim Siap Beroperasi
24 Januari 2012 Admin Website Artikel 289

SAMARINDA. Untuk memajukan kesejahteraan masyarakat Kalimantan Timur dari sektor perkebunan, Dinas Perkebunan (Disbun) Kaltim menggalakkan kegiatan kemandirian warga serta sistem plasma dengan perusahaan kelapa sawit. Plasma yang tersedia sudah mencapai 120.911 hektare.

Kepala Bidang Usaha Ir. Etnawati Usman, M.Si mengatakan, jumlah kebun plasma itu sudah terbagi dari semua perusahaan sawit yang ada di Kaltim dan sudah beroperasi. "Sementara daerah menyiapkan dan menjembatani investor baik dalam maupun luar negeri untuk giat menanamkan modalnya di bidang perkebunan sawit. Ini mengingat luasan lahan yang cukup serta kecocokan sawit dengan tekstur tanah yang ada," jelasnya.

Saat ini terdapat 330 perusahaan sawit dengan 203 Ijin Usaha Perkebunan (IUP) seluas 2.585.994,61 hektare dan 113 Hak Guna Usaha (HGU) seluas 936.428,65 hektare. Dari jumlah itu belum semua perusahaan yang terlihat eksis dalam usahanya. Kendalanya, disebutkan terbagi dari beberapa masalah seperti finansial, proses pematangan, hingga masalah lain diinternal perusahaan.

Sampai dengan tahun 2011,  pabrik pengolahan minyak sawit yang telah didirikan dan beroperasi sebanyak 27 pabrik. Sedangkan sampai dengan 2012 diprediksi ada 37 pabrik yang akan beroperasi dengan kapasitas 1.680 ton Tandan Buah Segar (TBS) setiap jamnya.

"Dari segi ekonomis mereka sudah layak mempunyai pabrik sendiri, sementara sekarang masih mengirim hasil panennya keperusahaan lain yang sudah memiliki pabrik. Kita tunggu saja pabrik mereka siap beroperasi tahun ini," ungkapnya. (rey)

SUMBER : BIDANG USAHA

Artikel Terkait