2700 Pesnab Untuk 14 Poktan di Berau
15 September 2022 PPID Berita Daerah 33
2700 Pesnab Untuk 14 Poktan di Berau

GUNUNG TABUR. Pemerintah Provinsi Kaltim melalui Dinas Perkebunan menyalurkan bantuan kepada petani pekebun berupa pestisida nabati (Pesnab).

Bantuan Pesnab sebanyak 2.700 liter dari Direktorat Jenderal Perkebunan Kementerian Pertanian diserahkan secara simbolis di Kampung Merancang Ilir untuk kelompok tani (Poktan) di Kabupaten Berau.

"Kita telah menyerahkan 2.700 liter Pesnab untuk 14 Poktan di Berau," kata Kepala UPTD Pengembangan Perlindungan Tanaman Perkebunan Disbun Kaltim Sopian, Selasa (13/9/2022).

Penyerahan bantuan pada Senin (12/9/2022) dilakukan di Kampung Merancang Ilir, Kecamatan Gunung Tabur Kabupaten Berau.

Bantuan sebanyak 2.700 liter kepada 14 kelompok tani penerima untuk pengendalian Busuk Pangkal Batang Lada seluas 300 hektar.

Sopian menjelaskan sesuai peraturan pemerintah, kebijakan untuk menerapkan sistem Pengendalian Hama Terpadu (PHT) menekankan pendekatan ekologi dengan memprioritaskan pengendalian yang aman terhadap lingkungan.

"Pemanfaatan bahan alami seperti dari tumbuhan mempunyai peluang untuk dikembangkan dan dimasyarakatkan kepada petani," ujarnya.

Alasan penggunaan bahan dari tumbuhan karena tidak mencemari lingkungan dan dapat dipadukan dengan konsep PHT.

Penggunaan pestisida nabati oleh petani di perkebunan lada menjadi angin segar bagi komoditi perkebunan yang diproduksi secara organik.

Karenanya, Sopian mengakui kehadiran bantuan pestisida nabati disambut gembira petani yang sangat memperhatikan kesehatan dan kelestarian lingkungan serta tidak meninggalkan residu pada produk yang dihasilkan.

Menurut dia, pemanfaatan bahan dari tumbuhan sebagai pestisida nabati pada masa sekarang sudah berkembang.

"Pengembangan dan produksi pestisida nabati dikemas dan diproduksi secara modern. Salah satunya dengan metode ekstraksi dan penyulingan," ungkapnya. (yans/her/adpimprovkaltim)

SUMBER : SEKRETARIAT


Artikel Terkait